Penyakit Herpes, Penyebab, Penularan dan Cara Mengobati

Apabila anda mengalami penurunan imunitas seluler maka virus herpes dapat aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi ke kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes. Virus penyebab penyakit Herpes ini dapat memperbanyak diri dengan wujud bintil2 kecil berwarna merah, berisi cairan, dan menggembung pada daerah sekitar kulit. Herpes bisa menjalar kebagian tubuh yang lain akibat garukan atau gesekan yang menyebabkan virus herpes bisa menjalar keseluruh tubuh. Untuk itu mari kita bahas tentang Penyakit Herpes, Penyebab, Penularan dan Cara Mengobatinya.

Penyebab Herpes
Setiap orang memiliki peluang untuk mengalami penyakit herpes. Penyakit ini bisa muncul dengan gejala maupun tidak. Penyebab herpes adalah virus yang berkembang dengan memanfaat material sel makhluk hidup lainnya untuk berkembang. Orang yang sistem kekebalan tubuhnya menurun sangat memungkinkan tubuhnya dijadikan inang bagi virus herpes.

Penyakit ini dibagi atas herpes simpleks dan herpes zoster. Herpes simpleks memiliki dua jenis virus yaitu HSV-I dan HSV-II. Bagian tubuh yang diserang kerap mengenai area mulut. Jika menginfeksi kemaluan dapat menyerang vagina dan penis yang biasa meluar lewat hubungan intim. Kulit menjadi sangat gatal dan selaput lendir memerah.
Sementara untuk herpes zoster, penyebabnya adalah virus Varicella zoster. Virus ini juga menimbulkan cacar air. Gejala yang khas adalah muncul banyak gelembung kecil terutama di punggu dan hanya di salah satu sisi tubuh yang melewati daerah persyarafan tertentu. Benjolan gelembung terasa nyeri. Kalau sampai pecah dapat terinfeksi oleh bakteri.
Pada herpes simpleks, diagnosis dilakukan dengan tes yang bernama tes TORCH (Toxoplasma, rubella, cytomegalovirus dan Herpes Simpleks Virus Tipe II). Tes tersebut dapat memastikan sejauhmana seseorang positif terkena herpes. Bisa juga tes dilakukan dengan mengambil sampel darah. Kala ada infeksi virus dalam darah akan ditemukan antibodi yang bekerja melawan antigen asing dalam tubuh. Dari situ nantinya bisa dilihat benda asing apakah yang sudah masuk ke tubuh.

Penularan Penyakit Herpes
Jika sudah positif dijangkiti herpes, sebaiknya penderita melakukan pencegahan agar tidak menular ke orang lain. Virus herpes bisa berpindah tempat pada saat berhubungan intim tanpa kondom (mesti tidak efektif 100 persen), bersentuhan kulit dengan penderita, memakai barang bersama dengan penderita herpes, dan sebagainya.
Penyakit herpes sering bersifat laten. Pada saat tubuh memiliki kekebalan tubuh yang lemah, virus bisa sewaktu-waktu bangkit dan menginfeksi sehingga membuat kulit melepuh. Setelah itu, virus kembali “tertidur”. Hingga saat ini belum ada obat yang secara tuntas menghabisi virus Herpes

Pengobatan Penyakit Herpes
1.    Pengobatan luar
Untuk pengobatan luar ini anda dapat menggunakan bedak atau salep. Bedak atau salep tersebut dapat meredakan gatal yang muncul akibat penyakit herpes dan juga sebagai langkah pencegahan agar anda tidak menggaruknya. Pengobatan dari luar dapat anda lakukan dengan mudah dengan bantuan cattombud dan efeknya akan langsung terlihat, apakah ada perubahan yang terjadi pada radang di kulit anda atau tidak. Salep yang dianjurkan untuk herpes adalah salep acyclovir yang dapat dengan mudah anda temui di pasaran.
2.    Pengobatan dari dalam
Selain melakukan pengobatan luar, cara mengobati herpes juga harus anda lakukan dari dalam tubuh. Karena seperti yang anda ketahui bahwa penyakit herpes dapat menimbulkan demam dan juga nyeri. Untuk itu, anda dapat minum obat penurun panas atau penghilang nyeri seperti parasetamol atau anda juga sangat dianjurkan untuk minum obat acyclovir oral sehingga pengobatan dapat berjalan optimal.

Selain dengan cara mengobati herpes di atas, anda juga dapat lakukan dengan menggunakan umbi tumbuhan dewa merah yang masih segar tanaman ini dapat anda gunakan baik untuk pengobatan luar maupun dalam. Di mana untuk pengobatan dalam dapat anda lakukan dengan langkah perebusan sedangkan untuk pengobatan luar dapat anda lakukan dengan penumbukan dan menempelkannya pada bagian kulit yang terkena herpes. Selain umbi tumbuhan dewa merah tanaman lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat herpes dengan cara menempelkan daging dari tumbuhan tersebut ke luka herpes.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});