Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami | Gula darah adalah sebuah istilah yang digunakan pada kondisi keadaan glukosa dalam darah seseorang. Glukosa sendiri adalah sumber energi utama dalam tubuh pada saat dialirkan melalui darah. Akan tetapi apabila kondisi kadar gula seseorang berlebihan atau dengan kata lain terlalu tinggi justru akan memicu datang berbagai macam penyakit. 

Nah bagi Anda yang memiliki kadar gula darah yang tinggi alangkah baiknya ikuti tips-tips berikut yang bertujuan untuk menurunkan kadar gula darah Anda tersebut. 
Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami
Cara Menurunkan Kadar Gula Darah 
  1. Rutin untuk melakukan cek up ke dokter. Selalu cek kondisi kadar gula dalam darah anda. Lakukan pemeriksaan setidaknya 6 bulan sekali.
  2. Jaga berat badan anda supaya lebih ideal. Kegemukan juga dapat menjadi faktor pencetus berbagai penyakit. Orang gemuk karena banyak glukosa yang tidak digunakan untuk aktivitas fisik sehingga menimbun jadi lemak.
  3. Lakukan olahraga secara teratur. Olahraga seperti fitnessdapat mengubah gula menjadi energi seperti fitness atau angkat beban, jalan kaki, jogging dan yang lain yang bisa membuat anda lebih bugar.
Selain cara diatas beberapa jenis buah ini juga dapat menurunkan kadar gula darah. Apa sajakah itu mari simak pemaparan berikut ini : 

  1. Kayu Manis. Mungkin Anda berpikir mungkinkah kayu manis rasanya manis dan mengandung gula, namun bisa mengurangi gula darah dan mengurangi risiko untuk berkembangnya diabetes. Namun hal ini memang fakata, karena beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak dari kayu manis baik untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Namun bukan berarti kayu manis dapat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan dikemudian hari alangkah baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter terdekat. 
  2. Bawang putih. Sebuah studi yang dilakukan pada seekor tikus dan kelinci menunjukkan bahwa ekstrak dari bawang putih dapat menurunkan kadar gula darah. Ekstrak bawang putih mampu meningkat jumlah insulin pada orang dengan diabetes. Meskipun menimbulkan bau nafas yang tidak sedap, bawang putih merupakan bumbu dapur yang baik untuk mengelola kadar gula darah anda. 
  3. Alpukat. Alpukat telah terbukti mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes. Selain itu, alpukat juga mampu meningkatkan perasaan kepuasan saat selesai makan, dan memiliki dampak yang baik pada tekanan darah dan peradangan. 
  4. Kacang-kacangan. Asam lemak tak jenuh merupakan sebuah komponen penting dari mengelola kadar gula darah. Asam lemak tak jenuh adalah unsur hara utama yang terkandung dalam beberapa makanan salah satunya kacang-kacangan. 
  5. Telur. Berdasarkan studi yang salah satunya diterbitkan pada tahun 2008 di jurnal internasional obesitas menemukan bahwa orang-orang yang kelebihan berat badan dan obesiti diberikan dua butir telur sehari untuk sarapan. Para peneliti menyatakan bahwa mengkonsumsi telur bisa mengontrol rasa lapar dengan mengurangi insulin pasca makanan. Respon mengendalikan nafsu makan ini dapat mencegah terjadinya fluktuasi kadar glukosa dan insulin. 
Itulah beberapa Cara yang Dapat Dilakukan Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami. Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});