Obat Batuk Kering dan Berdahak

Jeruk Nipis Sebagai Obat Batuk Alami
Cuaca yang tidak menentu membuat virus berkembang biak semakin cepat. Dimusim hujan seperti sekarang ini banyak sekali kita jumpai orang-orang yang berbatuk ria seakan akan itu adalah penyakit tahunan yang selalu datang, dan merekapun seolah - olah hanya membiarkan saja dengan fikiran pasti sakit batuk seperti itu akan sembuh dengan sendirinya. Fikiran seperti itu sebenarnya salah! Virus yang berkembang biak dalam tubuh manusia sangatlah berbahaya karena virus itu akan ber evolusi lagi menjadi virus yang lain. 
Maka dari itu cepatlah atasi penyakit batuk anda supaya tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. Berikut beberapa obat tradisional untuk menyembuhkan sakit batuk anda.

Obat Alami Batuk Berdahak
Bagi penderita batuk yang disertai dahak bisa memanfaatkan tanaman obat dibawah ini:

1. Jahe dan Kencur
Siapkan Jahe secukupnya dan juga sedikit kencur. Parut jahe hingga halus kemudian campur dengan kencur. Setelah itu rebus dengan segelas air hingga mendidih. Minum hasil rebusan tadi selagi hangat. lakukan hal tersebut sehari 2 kali.

2. Jahe dan Daun Sirih
Caranya: rebus 7 lembar daun sirih dengan sedikit potongan jahe dengan 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisah 1 gelas saja. Minum rebusan tadi minimal 1 kali sehari.

3. jeruk nipis sudah dikenal sejak dulu memiliki banyak khasiat  termasuk mengobati batuk. Ramuan jeruk nipis ini bisa dipadukan dengan madu atau kecap. Caranya:
Jeruk nipis dan madu: Siapkan perasan jeruk nipis 1 banding satu dengan madu. 1 sendok jeruk nipis tambah 1 sendok madu. Minum 2-3 kali sehari rutin sampai batuk sembuh.
Jeruk nipis dan kecap: masih sama, yaitu 1 banding 1, 1 sendok perasan jeruk nipis tambah 1 sendok madu. Minum 2-3 kali sehari secara rutin.

Obat Alami Batuk Kering
Bagi penderita batuk kering bisa memanfaatkan beberapa tanaman dan rempah dibawah ini:

1. Jahe Merah
Rempah yang satu ini ampuh mengatasi batuk kering. Caranya:  Siapkan jahe merah sebanyak sepotong ibu jari. Kemudian kunyah hingga halus telan airnya dan buang ampasnya.

2. Kunyit dan Merica
Kunyit sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman yang kaya akan kandungan antibiotik. Kandungan tersebut mambu mengatasi peradangan saluran pernafaasan yang mengakibatkan batuk kering. Caranya: siapkan bubuk kunyit sebanyak 1 sendok makan dan merica setengah sendok teh. Masukan campuran tersebut pada air mendidih kemudian aduk hingga rata. Minum ramuan tadi selagi hangat sebanyak 2 kali sehari.

3. Daun Kayu Putih
Selain sangat mujarab untuk menghangatkan tubuh, kayu putih juga bisa digunakan untuk membuat obat batuk tradisional. Caranya, rebus 10-15 gram daun kayu putih dalam tiga gelas air hingga tersisa satu gelas. Minum air rebusan tersebut selagi hangat.

4. Asam Jawa dan Gula Merah
Asam jawa dan gula merah sangat lazim ditemui di dapur-dapur orang Indonesia sebagai bahan memasak. Selain untuk membuat masakan menjadi lebih lezat, paduan asam jawa dan gula merah bisa mengobati batuk juga. Caranya, siapkan 10 daging buah asam jawa, seduh dengan segelas air panas dan tambahkan gula merah secukupnya. Aduk hingga rata dan tercampur seluruhnya, minum selagi hangat.

5. Belimbing Wuluh
Rasanya sangat asam dan sering digunakan sebagai salah satu bahan utama sayur asam, atau kadang diolah menjadi manisan belimbing wuluh. Namun, meskipun rasanya sangat asam, belimbing wuluh juga ampuh mengobati batuk. Caranya, bersihkan 10 belimbing wuluh lalu parut hingga halus. Masukan parutan tersebut dalam segelas air, tambahkan sedikit garam. Saring dan buang ampas belimbing wuluh, minum  hasil saringan tersebut sebanyak dua kali sehari tiap pagi dan sore.


Demikian beberapa tanaman obat yang bermanfaat sebagai obat batuk alami tradisional warisan nenek moyang kita. Masih banyak lagi jenis-jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi batuk yang mungkin akan dibahas pada kesempatan lain. Semoga artikel ini bermanfaat mengatasi batuk yang anda derita. Apabila batuk yang diderita tak kunjung sembuh, ada baiknya segera memeriksakan ke dokter spesialis agar bisa di identifikasi penyebab batuk tersebut
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});