Tips Istirahatkan Mata

Tips Kesehatan - Tips Istirahatkan Mata - Bekerja di depan komputer selama berjam-jam setiap hari, dialami hampir setiap pekerja kantoran. Hal itu tentu berefek negatif pada mata. Nah, jika mata tidak beristirahat yang terjadi adalah stres pada mata, gejalanya antara lain, mata terasa lelah, berair, perih, pusing dan pandangan menjadi kabur.

Bisa dikatakan semakin lama Anda menatap layar komputer, maka risiko Anda terkena stres mata semakin besar. Untuk itu, setiap empat jam di depan komputer usahakan untuk mengistirahatkan mata Anda. Cukup dengan menyisihkan waktu selama lima menit saja ntuk memejamkan mata, Anda bisa membuat mata lebih sehat dan terhindar dari stres.

Jangan memaksakan mata untuk bekerja, jika Anda sudah merasa pusing dan lelah. Jika kondisi mata tidak sehat, pekerjaan yang Anda lakukan pun menjadi tidak maksimal, karena konsentrasi berkurang. Selain mengistirahatkan mata ada latihan yang bisa Anda lakukan untuk membuat otot mata lebih sehat, yaitu :

1. Duduklah dengan posisi yang nyaman, tutup mata Anda dengan telapak tangan. Jangan menekan bola mata, biarkan mata rileks dan menikmati kegelapan selama 30 detik. Ambil nafas dalam dan keluarkan secara perlahan.

2. Dengan posisi duduk yang sama, mendongaklah dan biarkan mata melihat ke atas selama 10 detik. Lalu, menunduklah dan biarkan mata terbuka lebar, melihat ke bawah selama 10 detik. Lakukan pengulangan sebanyak lima kali.

3. Lirikkan mata ke arah kanan, dan biarkan mata terbuka selama 5 detik. Lakukan juga ke arah kiri dan tahan selama 5 detik. Lakukan pengulangan sebanyak lima kali

4. Pejamkan mata selama 5 detik, kemudian buka mata selama 5 detik. Lakukan pengulangan sebanyak lima kali

5. Putar bola mata sebanyak lima kali ke arah kiri, dan ke arah kanan.

Sumber : Vivanews.com
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});