Kadar Asam Folat yang Aman Bagi Kesehatan

Kadar Asam Folat yang Aman Bagi Kesehatan | Asam Folat merupakan salah satu komponen dalam vitamin B. Keberadaannya sangat penting bagi kesehatan, terutama untuk kaum perempuan yang berencana hamil dan sedang hamil muda.

Folat baik bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat seperti misalnya spina bifida (sumbing tulang belakang). Menurut Mark Lawrence, Associate Professor, Gizi Kesehatan Masyarakat di Deakin University, asupan folat pada dasarnya baik untuk kesehatan. Tetapi harus diperhatikan jumlahnya jangan sampai berlebihan. Dia mengatakan, masalah kesehatan akan mengancam jika asupan folat lebih dari 1000 mcg setiap hari.
"Folat sangat penting untuk kesehatan dan sebagai vitamin yang larut dalam air, mungkin asupannya tidak akan berlebihan. Tapi karena asam folat sekarang banyak ditambahkan ke dalam makanan seperti sereal, jus, roti, suplemen asam folat dan suplemen multivitamin yang mengandung asam folat, Anda bisa mendapatkannya terlalu banyak," kata Lawrence.

Lawrence mengatakan, hal terpenting yang saat ini harus dilakukan untuk mengetahui berapa banyak asam folat yang Anda konsumsi adalah dengan membaca label nutrisi yang tercantum pada produk makanan dan vitamin.

Berikut ini adalah beberapa risiko asupan folat yang berlebih bagi tubuh:
Folat dan laki-laki

Sebuah studi tahun 2009 dengan melibatkan 643 relawan menemukan, mereka yang mengonsumsi suplemen folat 1 miligram setiap hari lebih dari dua kali, berisiko lebih tinggi mengalami kanker prostat. Peneliti memperkirakan, penggunaan folat selama 10 tahun pada pria membuat mereka lebih berisiko mengidap kanker prostat dibandingkan dengan pria yang memakai plasebo.

Kanker Payudara

Studin pada tahun 2006 terhadap para wanita di Kanada menemukan, mereka yang mendapat asupan folat lebih tinggi mengalamo peningkatab risiko kanker payudara sebesar 32 persen.

"Kebanyakan wanita dapat memenuhi kebutuhan folat mereka melalui diet seimbang. Beberapa wanita mungkin disarankan untuk mengambil suplemen berdasarkan kebutuhan kesehatan setiap individu dan harus terus mengonsumsinya sebagaimana dengan dosis yang telah ditentukan," kata dr. Helen Zorbas, chief executive dari National Breast and Ovarian Cancer Centre.

Anak asma

Folat sangat penting pada awal kehamilan tetapi penggunaan dosis tinggi sepanjang masa kehamilan juga bisa berdampak buruk. Sebuah studi para ahli di University of Adelaide terhadap 550 ibu hamil menemukan, wanita yang terus menerus mengonsumsi folat pada saat kehamilan, 30 persen lebih berisiko memiliki anak dengan asma.

Sementara itu, Associate Profesor Michael Davies yang memimpin studi ini menganjurkan, ibu hamil sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter mengenai seberapa banyak dan berapa lama harus mengonsumsi folat.

Manfaat Buah Mentimun Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Mentimun Bagi Kesehatan | Sebagian besar dari kita mungkin sering mengkonsumsi buah mentimun atau ketimun. Buah yang dalam bahasa latin bernama Cucumis sativus ini sering kita jumpai dalam setiap hidangan, terutama lalapan, salad, atau acar. Mentimun memiliki kandungan air yang cukup tinggi sehingga berfungsi menyejukkan.

Potongan buah mentimun juga kerap digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai nutrisi dan manfaat kesehatan yang terdapat dalam mentimun, mari kita jelajahi area kesehatan apa saja yang didapat dari konsumsi buah yang termasuk suku labu-labuan ini.
  1. Perawatan kulit - Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.
  2. Fungsi pencernaan - Masalah pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak, dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga memingkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengonsumsi mentimun setiap hari dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit. 
  3. Kesehatan sendi - Dalam mentimun terkandung silika yang dapat mempromosikan kesehatan sendi Anda dengan memperkuat jaringan ikat. 
  4. Pencernaan protein - Mentimun mengandung enzim erepsin yang membantu dalam pencernaan protein. 
  5. Tekanan darah - Potasium, magnesium, dan serat yang hadir pada mentimun dapat membantu Anda menjaga tekanan darah tetap normal. 
  6. Membunuh cacing pita - Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan, biji mentimun juga dikenal bermanfaat sebagai antiinflamasi serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan.
  7. Perawatan kuku - Mentimun kaya akan kandungan silika, dapat mencegah pecah dan rusaknya kuku-kuku di jari kaki dan tangan. 
  8. Atasi encok dan rematik - Jus mentimun diperkaya kandungan vitamin A, B1, B6, C, dan D serta folat, magnesium, dan kalsium ketika dicampur dengan jus wortel dapat membantu pasien yang mengalami nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat. 
  9. Mengobati sakit gigi dan gusi - Penyakit mulut pada gigi dan gusi, khususnya pyorrhea, dapat diobati secara efektif dengan jus mentimun. Konsumsi mentimun mentah juga dapat meningkatkan air liur serta berfungsi menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut. 
  10. Diabetes - Jus mentimun dikenal dapat membantu kesehatan pasien diabetes. Kandungan mineral mangan bermanfaat dalam sintesis insulin alami di dalam tubuh. 
  11. Perawatan ginjal - Mentimun menunjukkan manfaat dalam membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Air yang terkandung dalam mentimun membantu fungsi ginjal dengan melancarkan proses urinasi. Faktanya, mentimun merupakan diuretik alami terbaik. 
  12. Suburkan rambut - Mentimun mengandung silika. Jus mentium yang dicampur dengan wortel, bayam, dan selada akan membantu penyuburan rambut. Silika terdapat dalam jaringan ikat di dalam tubuh. Senyawa ini membantu pertumbuhan rambut sehingga jika rajin mengonsumsi makanan mengandung silika, Anda akan memiliki rambut yang bagus dan tulang yang sehat. 
Demikianlah postingan kami tentang Manfaat Buah Mentimun Bagi Kesehatan pada artikel kali ini. Terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga bermanfaat.

Berbagai Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan | Manfaat Brokoli - Brokoli (Brassica oleracea L, kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Sebagian diantara kita mungkin belum banyak mengetahui manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari sayuran berwarna hijau ini. Dalam beberapa literatur disebutkan brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Sayuran ini juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane).
Berbagai Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan
Berikut ini adalah ragam manfaat dari brokoli, yang berkontribusi besar bagi kesehatan:
  1. Melawan kanker - Brokoli mengandung dua senyawa fitokemikal yang disebut indoles dan isothiocyanate. fitokemikal berfungsi meningkatkan aktivitas enzim yang berperan untuk menghancurkan agen karsinogenik. Brokoli mempunyai agen anti-kanker seperti glucoraphanin, beta-karoten, diindolylmethane, selenium dan nutrisi lain seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, seng dan asam amino tertentu dalam mencegah pertumbuhan sel kanker di payudara, rahim, kelenjar prostat, usus, ginjal, hati dan paru-paru.
  2. Detoksifikasi - Brokoli turut berperan dalam membebaskan tubuh dari radikal bebas dan racun seperti asam urat. Hal ini pada gilirannya, melindungi tubuh dari toksin-seperti bisul, gatal, rematik, batu ginjal, ruam, asam urat dan eksim. 
  3. Mengatasi sembelit - Brokoli cukup efektif mengatasi kesulitan buang air besar karena kaya akan serat. Selain mengikat racun di usus, serat juga membantu penyerapan nutrisi dari makanan.
  4. Meningkatkan kesehatan kulit - Brokoli adalah gudang vitamin. Vitamin C, beta-karoten dan vitamin B kompleks hadir di Brokoli, yang sangat diperlukan untuk membuat kulit lebih bercahaya. Bahkan vitamin E yang teradapat pada brokoli turut mempercepat perkembangan regenerasi jaringan kulit yang telah mati. 
  5. Sehatkan jantung - Kandungan serat dalam brokoli ditambah adanya asam lemak Omega-3, beta-karoten serta vitamin lainnya mempunyai andil dalam menurunkan kadar kolesterol jahat disamping juga mengatur tekanan darah. Hal ini tentunya sangat baik untuk memaksimalkan kerja fungsi jantung.
  6. Perawatan mata - Zeaxanthin adalah bahan utama dalam brokoli yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Nutrisi ini membantu dalam perbaikan kerusakan yang disebabkan karena radiasi UV serta mencegah gangguan kondisi mata seperti degenerasi makula dan katarak. 
  7. Meningkatkan imunitas - Brokoli mendorong peningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dengan kehadiran vitamin c, beta-karoten, selenium, seng, fosfor dan tembaga.
  8. Kesehatan tulang - Anak-anak, orang tua dan ibu hamil atau menyusui disarankan mengonsumsi cukup kalsium. Kekurangan kalsium yang dapat menyebabkan melemahnya tulang, gigi dan osteoporosis. Brokoli berkontribusi terhadap kesehatan tulang karena mengandung mineral seperti kalsium, fosfor magnesium, dan seng. 
  9. Mendukung kehamilan - Ibu hamil membutuhkan nutrisi penting untuk menjaga kesehatan pertumbuhan janin. Brokoli mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh seorang wanita hamil seperti antioksidan, kalsium, protein, vitamin, pendetoks, fosfor dan besi. 
  10. Menjaga kadar gula darah - Brokoli mengandung mineral yang disebut kromium yang membantu dalam berfungsinya hormon insulin. Ini merupakan salah satu cara mengatur kadar gula darah. 
  11. Mencegah anemia - Anemia disebabkan karena kekurangan zat besi. Brokoli merupakan sumber zat besi yang baik, sehingga dapat digunakan sebagai obat yang efektif untuk anemia. 
Demikianlah informasi tentang Berbagai Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan yang dapat kami bagikan. terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga bermanfaat.

Dampak Negatif Menggunakan Sendal Jepit

Dampak Negatif Menggunakan Sendal Jepit | Siapa sih yang gak pernah pakai benda keramat ini :D. Ya dapat dikatakan sendal jepit merupakan alas kaki yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun dibalik itu semua, ternyata sendal jepit menyimpan beberapa resiko yang cukup berbahaya bagi pemakainya. Nah apa sajakah resiko tersebut?? Mari simak penjelasan berikut. 
Dampak Negatif Menggunakan Sendal Jepit
  1. Tak ada penyangga Bentuk sandal jepit pada umumnya yang rata, tak memiliki penyangga bagi tumit kaki dan lengkungan kaki bagi pemakainya. Sehingga hal tersebut tidak baik bagi kenyamanan dan kesehatan. Alas kaki yang baik dan ideal adalah alas kaki yang memiliki penyangga bagi tumit dan lengkungan kaki.
  2. Mengundang bakteri pada kaki Apabila Anda menggunakan sandal jepit setiap saat, di udara terbuka, maka hal tersebut dapat menarik tidak kurang dari 15.000 bakteri untuk menempel pada kaki Anda. Dan itu pastinya akan merugikan bagi kondisi kesehatan Anda.
  3. Bahaya saat mengemudi Hindari menggunakan sendal jepit daat mengemudi, baik itu dengan sepeda motor atau mobil. Apalagi yang sudah longgar dan tipis. Permukaannya yang datar dapat mengakibatkan slip dan tergelincir, jadi sangat membahayakan keselamatan Anda.
  4. Sakit punggung Dikarenakan tak adanya penyangga di bagian lengkungan kaki serta tumit, maka memakai sandal jepit dalam waktu yang lama dapat memicu terjadinya nyeri dipergelangan kaki dan nyeri pinggul. Jika terus dibiarkan, maka bisa merembet menjadi sakit punggung.
  5. Arthritis Jika Anda memakai sandal jepit dalam waktu yang lama dengan posisi datar saat berjalan, maka hal itu dapat memicu timbulnya arthritis atau nyeri sendi. 
Demikianlah informasi tentang Dampak Negatif Menggunakan Sendal Jepit yang dapat Kami bagikan pada artikel ini. Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami | Gula darah adalah sebuah istilah yang digunakan pada kondisi keadaan glukosa dalam darah seseorang. Glukosa sendiri adalah sumber energi utama dalam tubuh pada saat dialirkan melalui darah. Akan tetapi apabila kondisi kadar gula seseorang berlebihan atau dengan kata lain terlalu tinggi justru akan memicu datang berbagai macam penyakit. 

Nah bagi Anda yang memiliki kadar gula darah yang tinggi alangkah baiknya ikuti tips-tips berikut yang bertujuan untuk menurunkan kadar gula darah Anda tersebut. 
Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami
Cara Menurunkan Kadar Gula Darah 
  1. Rutin untuk melakukan cek up ke dokter. Selalu cek kondisi kadar gula dalam darah anda. Lakukan pemeriksaan setidaknya 6 bulan sekali.
  2. Jaga berat badan anda supaya lebih ideal. Kegemukan juga dapat menjadi faktor pencetus berbagai penyakit. Orang gemuk karena banyak glukosa yang tidak digunakan untuk aktivitas fisik sehingga menimbun jadi lemak.
  3. Lakukan olahraga secara teratur. Olahraga seperti fitnessdapat mengubah gula menjadi energi seperti fitness atau angkat beban, jalan kaki, jogging dan yang lain yang bisa membuat anda lebih bugar.
Selain cara diatas beberapa jenis buah ini juga dapat menurunkan kadar gula darah. Apa sajakah itu mari simak pemaparan berikut ini : 

  1. Kayu Manis. Mungkin Anda berpikir mungkinkah kayu manis rasanya manis dan mengandung gula, namun bisa mengurangi gula darah dan mengurangi risiko untuk berkembangnya diabetes. Namun hal ini memang fakata, karena beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak dari kayu manis baik untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Namun bukan berarti kayu manis dapat dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan dikemudian hari alangkah baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu ke dokter terdekat. 
  2. Bawang putih. Sebuah studi yang dilakukan pada seekor tikus dan kelinci menunjukkan bahwa ekstrak dari bawang putih dapat menurunkan kadar gula darah. Ekstrak bawang putih mampu meningkat jumlah insulin pada orang dengan diabetes. Meskipun menimbulkan bau nafas yang tidak sedap, bawang putih merupakan bumbu dapur yang baik untuk mengelola kadar gula darah anda. 
  3. Alpukat. Alpukat telah terbukti mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes. Selain itu, alpukat juga mampu meningkatkan perasaan kepuasan saat selesai makan, dan memiliki dampak yang baik pada tekanan darah dan peradangan. 
  4. Kacang-kacangan. Asam lemak tak jenuh merupakan sebuah komponen penting dari mengelola kadar gula darah. Asam lemak tak jenuh adalah unsur hara utama yang terkandung dalam beberapa makanan salah satunya kacang-kacangan. 
  5. Telur. Berdasarkan studi yang salah satunya diterbitkan pada tahun 2008 di jurnal internasional obesitas menemukan bahwa orang-orang yang kelebihan berat badan dan obesiti diberikan dua butir telur sehari untuk sarapan. Para peneliti menyatakan bahwa mengkonsumsi telur bisa mengontrol rasa lapar dengan mengurangi insulin pasca makanan. Respon mengendalikan nafsu makan ini dapat mencegah terjadinya fluktuasi kadar glukosa dan insulin. 
Itulah beberapa Cara yang Dapat Dilakukan Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Secara Alami. Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Mengkonsumsi Buah Kentang Dapat Membuat Otak Menjadi Lebih Encer

Mengkonsumsi Buah Kentang Dapat Membuat Otak Menjadi Lebih Encer | Kentang merupakan salah satu jenis umbian yanng menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi yang menjadi pilihan cukup banyak masyarakat di Indonesia. Selain berfungsi sebagai makanan pengganti nasi, kentang juga dapat diolah menjadin berbagai macam jenis menu pilihan yang pastinya menggugah selera. 

Namun tahukah Anda, bahwa ternyata kentang juga memiliki peranan yang penting dalam proses perkembangan otak manusia. Bagaimana penjelasannya? Simak penjelasan berikut : 
Mengkonsumsi Buah Kentang Dapat Membuat Otak Menjadi Lebih Encer
Sebuah penelitian membuktikan bahwa adanya khasiat yang terkandung dalam buah kentang, yang berasal dari unsur kanjinya, yang berfungsi sebagai penajam kinerja otak. "Makanan mengandung karbohidrat khususnya kanji, adalah salah satu makanan yang menadi kunci dari perkembangan sistem otak yang membuat para leluhur berevolusi pada zaman dahulu," ujar dr Karen Hardy dari University of Barcelona. 

Daily Mail melansir, Kentang, sebagai salah satu jenis makanan yang mengandung kanji, adalah solusi tepat untuk Anda yang ingin menajamkan ingatan dan kerja otak dalam waktu lama. "Mnegkonsumsi daging memang dapat mengembangkan volume otak, namun mengkonsumsi karbohidrat berkanji seperti kentang, berfungsi untuk membuat otak bekerja lebih optimal," ucapnya. 

Selain itu, memasukkan kentang ke dalam menu makanan bayi merupakan pilihan yang tepat. "Karena kentang berkhasiat dalam proses pertumbuhan sel otak pada janin, juga membantu proses tumbuh kembang balita, seperti proses mengunyah makanan," ujarnya. 

Nah demikianlah informasi tentang Mengkonsumsi Buah Kentang Dapat Membuat Otak Menjadi Lebih Encer yang dapat Kami bagikan pada artikel ini. Terima kasih atas kunjungan Anda. Semoga bermanfaat

Tips Mengatasi Asam Urat Secara Alami

Tips Kesehatan - Penyakit asam urat (gout) adalah penyakit yang menyerang sendi dan tendon akibat timbunan kristal urat. Timbunan kristal urat tersebut disebabkan deposit asam urat yang lama-kelamaan membentuk kristal pada sendi atau tendon yang terkena sehingga mengakibatkan peradangan.

Asam urat memiliki tanda-tanda mirip artritis, yakni nyeri sendi, terutama di jempol kaki, yang kemudian merambat ke persendian kaki. Umumnya orang yang berusia 35 tahun ke atas rawan terkena penyakit ini.

Kendati bisa dikendalikan dengan obat, sebenarnya penderita asam urat wajib melakukan diet ketat terhadap makanan pencetus purin. Ada beberapa cara agar Anda dapat terhindar dari risiko terkena gout dan mengalami lonjakan kadar asam urat. Berikut beberapa di antaranya :
Tips Mengatasi Asam Urat Secara Alami 
  1. Menerapkan pola makan sehat seimbang dengan memilih karbohidrat kompleks (buah, sayuran, beras merah), protein tanpa lemak (tahu), dan lemak esensial yang sehat. 
  2. Kenali makanan rendah purin. Pisang, seleda, peterseli, kol merah, kubis, paprika mesh, dan buah asam termasuk makanan yang baik untuk pasien gout. Sayuran seperti bayam, asparagus, jamur, kacang polong, dan kembang kol mengandung purin dalam kadar sedang sehingga tidak terlalu memengaruhi kadar asam urat dalam darah. 
  3. Konsumsi makanan yang memiliki zat penurun asam urat dan mengurangi peradangan, seperti buah beri (bluberi, stroberi), tahu, dan minyak zaitun. Bawang putih sering disebut herbal ajaib karena dapat membantu menangani berbagai penyakit dan bermanfaat dalam banyak fungsi tubuh. Mengonsumsi 3-5 siung bawang putih sehari dapat membantu mengatasi gout dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sementara peterseli juga bersifat diuretik (peluruh kencing) sehingga dapat membantu menggelontor asam urat dari tubuh. Sayuran ini bisa dikonsumsi segar atau diseduh seperti teh. 
  4. Minum teh dan kopi. Menurut penelitian dari Boston University dan Harvard Medical School, minum 2-4 cangkir teh dapat menurunkan risiko gout pada perempuan sekitar 22 persen. Sementara minum empat cangkir kopi per hari, menurut penelitian serupa, seperti dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi Agustus 2010, dapat memangkas risiko terbentuknya asam urat sebanyak 50 persen lebih. 
  5. Manfaatkan herbal alami. Sambiloto (Andrographis paniculata nees) bersifat diuretik dan antiinflamasi (anti-peradangan) sehingga dapat membantu mengatasi radang sendi pada gout. Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) mengandung zat germakron yang bersifat antiinflamasi juga. Lada hitam (Pipernigrum) dapat meningkatkan urinasi dan bersifat antiinflamasi. Daun tempuyung (Sonchus arvensis) memiliki senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan yang dapat menghambat kerja enzim kesatin oksidase dan reaksi superoksida sehingga pembentukan asam urat bisa dihambat atau dikurangi. 
  6. Banyak minum air putih. Minum delapan gelas sehari atau ditambah jus buah segar (tomat, jeruk, nanas, dan lain-lain). 
  7. Olahraga teratur. Berlatihah 4-5 kali seminggu selama 30-45 menit setiap latihan. Bisa memilih latihan yang gampang, seperti jalan kaki atau joging. 
  8. Kurangi berat badan jika berlebihan. 
  9. Hindari makanan tinggi purin,seperti ikan teri jengki, sarden, ikan hering, ragi jeroan (ginjal, hati, paru, babat, iso), kacang goreng, ekstrak daging, dan lain-lain, juga bir dan minuman beralkohol. 
Nah itulah Tips untuk Mengatasi Asam Urat yang dapat kami bagikan pada artikel ini. terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Manfaat Buah Ara atau Buah Tin Bagi Kesehatan

Tips Kesehatan - Buah ara atau yang dikenal sebagai 'figs' dalam bahasa Inggris, 'figue' dalam bahasa Perancis memang belum terlalu popular di Tanah Air. Bagi orang Indonesia, umat kristiani memang mengenalnya dengan buah ara, sedangkan umat muslim mengenalnya dengan buah tin.

Buah berasa manis ini ternyata kaya nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Meski musiman, buah ini kerap tersedia dalam bentuk yang dikeringkan. Rasanya pun akan lebih manis dalam bentuk kering dan bernutrisi karena mengandung vitamin A, B, and mineral seperti seperti fosfor, zat besi, kalsium, dan mangan. Berikut adalah beberapa manfaat buah ara yang mungkin belum diketahui oleh Anda:
Manfaat Buah Ara atau Buah Tin Bagi Kesehatan
  1. Pektin, serat larut ini bisa ditemukan dalam buah ara yang bermanfaat bagi sistem pencernaan. Serat larut ini juga membantu membersihkan kolesterol yang terakumulasi dalam tubuh.
  2. Hipertensi bisa timbul jika kadar kalium natrium terlalu tinggi dan kaliumnya rendah dalam tubuh. Buah Ara rendah sodium dan tinggi kalium sehingga ampuh cegah hipertensi.
  3. Buah ara yang dikeringkan mengandung omega-3 dan asam lemak omega-6 bersama dengan fenol. Semua itu berguna mencegah penyakit jantung koroner.
  4. Buah ara juga kaya kalsium sehingga baik untuk penguatan tulang.
  5. Karena kaya kalium, buah ara membantu mengatur gula darah. Ini tentunya bermanfaat bagi penderita diabetes.
  6. Makan buah ara efektif mengobati sakit tenggorokan karena kandungan lendir yang tinggi.
  7. Selama ini, buah ara juga telah digunakan untuk mengobati kelemahan seksual. Caranya, rendam sekitar 2-3 buah ara dalam susu selama semalam dan makanlah di pagi harinya.
  8. Karena kandungan zat besinya, buah ara berguna mengobati anemia.
  9. Lumat buah ara segar dan oleskan ke wajah, biarkan selama 10-15 menit. Ini efektif untuk mengobati jerawat.
  10. Makan buah ara dapat memulihkan rasa lelah dan meningkatkan kekuatan otak
Demikianlah informasi tentang Manfaat Buah Ara atau Buah Tin Bagi Kesehatan yang bisa Kami bagikan pada artikel kali ini. terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.