Mengapa Pria Rentan Diabetes

Mengapa Pria Rentan Diabetes | Dibandingkan dengan kaum perempuan, para pria diketahui lebih rentan menderita diabetes melitus. Para ilmuwan berhasil menemukan jawabannya, antara lain karena secara biologi pria memang beresiko tinggi.

Diabetes tipe 2 terjadi karena terlalu banyak glukosa dalam darah akibat kemampuan tubuh untuk mengatur kadar gula di beberapa organ terganggu. Kondisi ini berkaitan dengan kelebihan lemak di beberapa organ tubuh seperti liver dan otot.
Mengapa Pria Rentan Diabetes
Profesor Naveed Sattar dari Institute of Cardiovaskular & Medicine Sciences mengatakan, beberapa penelitian telah mengindikasikan pria usia pertengahan beresiko tinggi menderita diabetes dibanding wanita.

Salah satu penjelasannya karena untuk menderita penyakit ini pria hanya perlu bertambah berat badan sedikit dibanding wanita. Dengan kata lain, pria bisa menderita diabetes pada indeks massa tubuh yang lebih rendah daripada wanita.

Sattar dan timnya percaya, distribusi lemak berperan penting dalam terjadinya diabetes. Pada pria, lemak lebih banyak berkumpul di sekitar pinggang dan liver. Sementara wanita memiliki lebih banyak lemak subkutan yang aman yang disimpan di paha dan pinggul.

Dalam penelitian ini, para ahli menganalisa data 51.920 pria dan 43.137 wanita di Skotlandia yang menderita diabetes. Mereka diukur berat badannya menggunakan pengukuran indeks massa tubuh (IMT).

Hasilnya wanita yang menderita diabetes memiliki nilai IMT yang lebih tinggi dibanding pria yang juga penderita diabetes. Hal ini juga menjelaskan mengapa di banyak negara lebih banyak pria yang menderita diabetes tipe 2.

Demikianlah publish kami tentang Mengapa Pria Rentan Diabetes yang dapat kami bagikan, terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.

Menstruasi dan Diabetes Bisa Saling Mempengaruhi

Menstruasi dan Diabetes Bisa Saling Mempengaruhi | Menstruasi dan Diabetes adalah 2 hal yang berbeda. Tapi akibat-akibat yang timbul dari menopause bisa sangat merepotkan bagi perempuan yang sudah menderita diabetes. Tapi ada cara-cara untuk mengendalikannya.

Diabetes dan menopause secara bersamaan dapat menimbulkan efek yang bervariasi pada tubuh Anda. Seperti dilansir MayoClinic, menopause dan masa menuju menopause mungkin menghadirkan tantangan bagi yang memiliki diabetes.
Menstruasi dan Diabetes Bisa Saling Mempengaruhi
Diabetes dan menopause secara bersamaan dapat menimbulkan efek yang bersamaan pada tubuh seperti:

1. Perubahan pada kadar gula darah
Hormon estrogen dan progesteron mempengaruhi bagaimana sel-sel tubuh merespons insulin. Setelah menopause, perubahan tingkat hormon tubuh dapat memicu fluktuasi dalam kadar gula darah. Hal ini menyebabkan kadar gula darah lebih sulit diprediksi dibandingkan pada masa sebelum menopause. Jika kadar gula darah tidak terkontrol, maka akan memiliki risiko komplikasi diabetes yang lebih tinggi.

2. Berat badan
Peningkatan berat badan wanita selama masa transisi menopause dan setelah menopause dapat meningkatkan kebutuhan insulin atau obat diabetes oral.

3. Infeksi
Bahkan pada masa sebelum menopause, kadar gula darah yang tinggi dapat menjadi faktor terjadinya infeksi saluran kemih dan vagina. Setelah menopause akan terjadi penurunan estrogen, maka bakteri dan jamur akan lebih mudah berkembang di saluran kemih dan vagina.

4. Gangguan tidur
Setelah menopause, keluar keringat pada malam hari dapat membuat Anda terjaga pada malam hari. Padahal kurang tidur dapat membuat lebih sulit untuk mengontrol kadar gula darah.

5. Gangguan seksual
Diabetes dapat merusak sel-sel saraf yang melapisi vagina. Hal ini dapat mengganggu gairah dan orgasme. Vagina yang terlalu kering merupakan gejala yang umum saat menopause, hal ini dapat menyebabkan rasa sakit selama melakukan hubungan seks.

Diabetes dan menopause: Apa yang dapat dilakukan?
Menopause dapat menyebabkan kesulitan mengontrol diabetes. Tetapi ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengelola diabetes dan menopause dengan lebih baik.

1. Gaya hidup sehat
Gaya hidup sehat seperti makan makanan yang sehat dan berolahraga secara teratur adalah merupakan bagian yang penting dari rencana perawatan diabetes. Makanan sehat dan aktivitas fisik secara teratur dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat meskipun telah menopause.

2. Sering cek kadar gula darah
Setelah menopause, sebaiknya lebih sering memeriksakan kadar gula darah. Hasil pemeriksaan kadar gula darah dari waktu ke waktu sebaiknya tetap disimpan, data ini dapat membantu dokter untuk menentukan pengobatan yang akan dilakukan.

3. Berkonsultasi kepada dokter untuk obat diabetes yang sesuai
Jika kadar gula darah masih tinggi, mungkin perlu peningkatan dosis obat diabetes atau perlu diganti dengan obat baru, terutama jika berat badan meningkat atau aktivitas fisik berkurang. Demikian juga, jika kadar gula darah menurun, kemungkinan perlu pengurangan dosis obat diabetes.

4. Berkonsultasi kepada dokter tentang obat penurun kolesterol
Jika memiliki diabetes, akan berisiko terkena penyakit kardiovaskular. Risiko meningkat ketika telah menopause. Untuk mengurangi risiko tersebut, maka sebaiknya makan makanan sehat dan berolahraga secara teratur. Dokter mungkin juga akan merekomendasikan obat penurun kolesterol.

5. Kenali gejala menopause dan segera tindaklanjuti
Jika mengalami gejala menopause seperti, vagina yang terlalu kering, penurunan respons seksual atau gejala menopause lainnya, maka berkonsultasilah dengan dokter. Dokter mungkin merekomendasikan pelumas vagina untuk mengembalikan kelembaban vagina atau terapi estrogen vagina untuk memperbaiki penipisan dan peradangan dari dinding vagina (atrofi vagina). Jika kenaikan berat badan menjadi masalah, maka dapat berkonsultasi dengan seorang ahli gizi. Bagi beberapa wanita, terapi hormon dapat menjadi pilihan.

Diabetes dan menopause merupakan tantangan ganda. Berkonsultasilah dengan dokter untuk memudahkan menghadapi masa transisi menuju menopause.

Demikianlah informasi tentang Menstruasi dan Diabetes Bisa Saling Mempengaruhi yang bisa kami bagikan pada artikel kali ini, terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat

Kenari Untuk Atasi Impotensi dan Diabetes

Kenari Untuk Atasi Impotensi dan Diabetes | Mengudap akan menjadi salah satu kegiatan favorit di sela-sela makan besar. Mengudap dan tetap menjaga kesehatan tentu saja dengan cara memilih makanan yang bebas gula, lemak dan minyak berlebihan. Cobalah kenari. Kenari ini aman karena tidak membuat gula darah cepat naik. 
Kenari Untuk Atasi Impotensi dan Diabetes
Kim Kah Hwi, peneliti dari Universitas Malaya bahkan mengungkapkan bahwa kenari bermanfaat sebagai obat impotensi. Penderita diabetes juga wajib mengonsumsi karena berfungsi meningkatkan satu lapis sel yang terletak di antara aliran darah dan jaringan. Penelitian pada dua orang penderita diabetes yang mengonsumsi kenari setiap hari selama 8 pekan memperlihatkan fungsi endotel membaik secara signifikan.

Sel endotel menjadi salah satu sasaran ketika penyakit diabetes mulai menjalar dan menyerang pembuluh darah, jika sel ini berfungsi baik, pembuluh darah penderita diabetes terlindungi. Kenari memiliki kandungan asam alfa linolenat yang tinggi sehingga mampu mencegah plak di arteri. Manfaat lainnya, kenari juga mampu mengendurkan pembuluh darah dan mengontrol tekanan darah karena mengandung asam amino yang disebut L-arginin.

Demikinlah informasi tentang  Kenari Untuk Atasi Impotensi dan Diabetes yang dapat kami bagikan pada artikel kali ini. terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.

Usir Diabetes Dengan Menggunakan Susu | Susu sebagai Obat Diabetes

Usir Diabetes Dengan Menggunakan Susu | Susu sebagai Obat Diabetes | Senyawa asam trans palmitoleic yang ada pada lemak susu ternyata ampuh memerangi diabetes tipe 2, sebuah penelitian baru-baru ini menyebutkannya.

Penelitian yang dilakukan ilmuwan dari Harvard School of Public Health, AS ini melibatkan lebih dari 3.700 orang. Mereka diawasi selama 20 tahun, dan didata kesehatannya secara rutin.
Usir Diabetes Dengan Menggunakan Susu | Susu sebagai Obat Diabetes
Pendataan mencakup pengukuran kadar glukosa darah dan insulin, juga tingkat asam lemak (termasuk asam trans-palmitoleic) dalam darah.

Hasilnya, ilmuwan menemukan peserta penelitian yang mempunyai tingkat asam trans palmitoleic yang tinggi memiliki sekitar 60 persen penurunan risiko terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan peserta yang lebih rendah tingkat asam trans palmitoleicnya.

Ini menandakan konsumsi susu dan produk olahannya ternyata mempunyai dampak positif untuk memerangi diabetes tipe 2. Tentu saja asal susu tersebut tidak diberi tambahan gula yang biasanya banyak sekali.

"Penelitian ini memperlihatkan besarnya pengaruh asam yang tak bisa diproduksi oleh tubuh ini sangat besar bagi gula darah" jelas pemimpin penelitian Profesor Dariush Mozaffarian. Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak minum susu.

Nah demikianlah pembahasan tentang Usir Diabetes Dengan Menggunakan Susu | Susu sebagai Obat Diabetes yang dapat kami bagikan pada artikel ini. terima kasih atas kunjungan anda, smoga bermanfaat.

Sperma untuk atasi penyakit diabetes dan lainnya

Sperma untuk atasi penyakit diabetes dan lainnya | Sperma kini tak cuma berfungsi untuk memperoleh keturunan. Penyakit diabetes 1 kini juga bisa diobati dengan sperma yang sudah diubah menjadi insulin. Selain diabetes, sperma juga bisa mengobati penyakit lain.
Sperma untuk atasi penyakit diabetes dan lainnya
Obat diabetes
Terobosan ini dipelopori oleh para peneliti dari Georgetown University Medical Centre di Washington DC, Amerika Serikat. Saat diuji coba, teknologi ini terbilang sukses dan diharapkan bisa diterapkan juga pada manusia.
Dikutip dari Healthday, Senin (20/12/2010), penggunaan sel penghasil sperma punya kelebihan dibanding mencangkokkan sel pankreas. Sel penghasil sperma diambil dari testis sendiri sehingga tidak ada risiko penolakan seperti pada pencangkokan sel pankreas dari donor.
Selain cukup menjanjikan, terapi ini menjadi heboh karena mengubah fungsi sel penghasil sperma menjadi penghasil insulin. Padahal bicara soal sperma, bukan cuma sel penghasilnya saja yang pernah digunakan dalam terapi melainkan juga cairan spermanya itu sendiri.

Obat depresi
Salah satunya terungkap dalam penelitian tahun 2002 yang diterbitkan di tahun yang sama dalam jurnal Archives of Sexual Behavior. Penelitian yang dilakukan oleh para ahli di State University of New York tersebut mengungkap manfaat sperma untuk mengobati depresi pada perempuan.
Manfaat ini diperoleh ketika perempuan yang mengalami depresi bersetubuh dengan pasangannya tanpa kondom dan membiarkan ejakulasi terjadi di dalam Ms V. Diyakini, senyawa tertentu dalam sperma yang hingga kini belum teridentifikasi akan terserap ke pembuluh darah di sekitar vagina dan memberi efek menenangkan.

Obat jerawat
Penggunaan lain dari sperma juga pernah diterapkan untuk mengobati jerawat, meski sebenarnya belum ada penelitian yang membuktikan efektivitasnya. Namun secara teori, pengobatan tersebut dinilai cukup masuk akan karena sperma mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk perawatan kulit.

Dikutip dari Bestacnetreatmentstips.com, kandungan nutrisi di dalam sperma yang bisa melawan jerawat adalah Vitamin C. Senyawa ini merupakan antioksidan yang bisa mendetoksifikasi atau menyingkirkan racun-racun dan pengotor yang ada di permukaan kulit.

Obat Keriput
Selain itu, adanya kandungan antioksidan juga menjamin bahwa sperma bebas dari radikal bebas penyebab kulit kusam dan cepat keriput. Kandungan yang sama juga bisa ditemukan dalam produk-produk anti penuaan dini yang dijual di pasaran.

Demikianlah informasi tentang Sperma untuk atasi penyakit diabetes dan lainnya yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Tips untuk Mengatasi Penyakit Diabetes

Tips untuk Mengatasi Penyakit Diabetes | Keluhan yang paling bisa menganggu keharmonisan dalam berumahtangga adalah impotensi atau yang lebih dikenal juga sebagai ED (Erectile Dysfunction = disfungsi ereksi) yang secara definisi sederhana artinya ketidakmampuan untuk menghasilkan ereksi dari penis yang sempurna untuk melakukan hubungan seks. Salah satu penyebab utama terjadinya impotensi adalah penyakit diabetes mellitus.

Diabetes sendiri adalah penyakit yang kompleks dimana seringkali menimbulkan komplikasi ke seluruh tubuh terutama pada sistem peredarah darah yang nantinya akan menyebabkan gangguan pada ereksi penis, untuk itu diperlukan sekali ketaatan dari pasien untuk mengontrol gula darah dengan obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter.
Tips untuk Mengatasi Penyakit Diabetes
Pria yang memiliki diabetes menurut data statistik, lebih banyak menderita gangguan impotensi dibandingkan pria yang sehat atau tidak menderita diabetes. Bahkan pada pria diabetesi ini lebih cepat menderita impotensi 10-15 tahun lebih cepat. Ereksi penis sendiri memiliki serial proses tubuh yang cukup kompleks, selain membutuhkan pembuluh darah yang sehat, juga persarafan yang baik pula. Komplikasi yang mungkin terjadi pada pria dengan impotensi dan diabetes adalah gangguan pada pembuluh darah yang menyuplai daerah penis, sehingga penis tidak dapat mengembang dengan sempurna pada saat ereksi.

Gangguan impotensi pada penderita diabetesi dapat diatasi dengan baik, berikut tips-tips yang disarankan bagi diabetesi:
  1. Kontrol gula darah dengan teratur, kembali kepada dokter yang melakukan perawatan dan selalulah minta sebelum obat anti diabetes habis.
  2. Lakukan pemeriksaan medical check up akan kemungkinan gangguan pada gula darah dan profil lipid.
  3. Disfungsi ereksi bisa dibantu dengan obat-obatan kuat yang dijual di apotek, pastikan Anda tidak memiliki gangguan pada sistem kardiovaskuler atau jantung, dan bila perlu mintalah bantuan dan saran dari dokter tentang penggunaan obat ini.
  4. Selain obat-obatan, bisa juga dibantu dengan vakum khusus untuk ereksi yang akan memaksimalkan daya tegak dan kerasnya penis.
  5. Ceritakan masalah ini kepada pasangan Anda agar ia mengerti tentang kondisi yang dialami, sehingga gangguan seperti ini tidak seharusnya membawa dampak yang berat bagi mental Anda.
Demikianlah informasi tentang Tips untuk Mengatasi Penyakit Diabetes pada artikel ini. terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat. 

Artikel terkait :
Tanaman Yakon Termasuk Jenis Obat Diabetes

Tanaman Yakon Termasuk Jenis Obat Diabetes

Tanaman Yakon Termasuk Jenis Obat Diabetes | Hal ini pertama kali untuk pertama kalinya dibukukan pada tahun 1615 oleh kolumnis Guaman Poma dari Ayala, ketika ia mendaftarkan Yakon sebagai satu dari 55 tanaman asli dari Andes. Tanaman ini masih termasuk anggota dari keluarga bunga Matahari, dengan daun mirip seledri yang dapat tumbuh hingga 3 meter. Daun dan umbi Yakon terbukti telah terbukti memiliki nilai gizi dan obat yang baik untuk dibudidayakan dan diproses menjadi teh, sirup, pudding sampai selai. 

Yakon, disebut juga dengan daun insulin, nama botaninya Smallanthus sonchifolia, tanaman asal Pegunungan Andes, Peru bisa untuk atasi kencing manis atau diabetes Bagaimana Yakon dapat menyembuhkan Diabetes? Menurut Dr. Sri Widowati (peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor), Yakon kaya dengan insulin dimana unit-unitnya mengandung gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi dapat difermentasi oleh usus besar. 
Tanaman Yakon Termasuk Jenis Obat Diabetes
Pakar penelitian Yakon, Michael Hermann dari Research Project leader of the Andean roots and tubers, mengungkapkan Yakon sendiri kandungan fruktosanya 35% free dan 25% terikat. Sehingga karbohidrat tetap didapat meskipun konsentrasi gula darah rendah. Keadaan inilah yang mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia (over-aktivitas) dan karenanya dengan konsumsi Yakon tak mungkin meningkatkan kadar gula dalam darah. Itu berarti yacon secara alami terbukti rendah kalori. Diungkapkan pula apabila sebuah stoples sirup Yakon dibandingkan dengan stoples madu berukuran sama, Yakon mengandung setengah kalori lebih rendah yang mana tidak akan menaikkan level glukosa darah. 

Selain itu, oligofructose menghasilkan bakteri menguntungkan dalam usus besar (prebiotik). Sebagaimana kita ketahui, minuman prebiotik modern seperti yogurt harus sengaja ditambahkan kandungan oligofructose-nya untuk mencapai manfaat yang sama, namun Yacon sudah memiliki kualitas sama secara alami. “Ini adalah makanan diet dan makanan diabetes,” kata Michael Hermann. Efek hipoglikemik-penurun gula darah-Yakon juga pernah diuji oleh Manuel J Aybar dari Departamento de Biologia del Desarrollo, Universidad Nacional de Tucuma, Argentina. Sebanyak 20 gram daun Yakon kering dilarutkan pada 200 ml air yang dididihkan selama 20 menit. Setelah dingin, ramuan disaring. 

Peneliti Yakon itu juga menemukan jika daun Yakon digunakan sebagai teh, akan memiliki efek untuk mengurangi puncak kadar gula ketika kita menyantap makanan manis atau yang mengandung karbohidrat. Kadar gula yang tinggi merupakan masalah terbesar dari seorang penderita diabetes karena tubuh tidak bisa memproduksi atau menggunakan insulin, hormon yang biasanya digunakan untuk memproses makanan. 

Demikian adalah publisj saya tentang Tanaman Yakon Termasuk Jenis Obat Diabetes pada artikel ini. terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.

Kunyah Makanan Pelan-Pelan Agar Terhindar Dari Diabetes

Kunyah Makanan Pelan-Pelan Agar Terhindar Dari Diabetes | Sebuah penelitian terbaru telah membuktikan bahwa makan secara terburu-buru bisa meningkatkan risiko terkena diabetes di usia lanjut. Menurut penelitian, kemungkinan orang yang selalu mengunyah makanan dengan cepat berisiko tinggi mengalami penyakit metabolisme seperti diabetes. Ini disebabkan karena mengunyah makanan dengan cepat dapat meningkatkan kuantitas gula dalam aliran darah dalam seketika. Akibatnya, orang yang sering makan cepat-cepat cenderung lebih mudah mengembangkan impaired glucose tolerance (IGT) atau dikenal juga dengan pra-diabetes. "Tingkat gula darah pada orang dengan IGT lebih tinggi dari biasanya, sehingga mereka berisiko mengembangkan diabetes. Tapi masalahnya kondisi ini dapat menyebabkan diabetes tipe 2 jika tindakan tidak dilakukan. 
Kunyah Makanan Pelan-Pelan Agar Terhindar Dari Diabetes
Kemungkinan orang-orang (yang makan dengan cepat) mengembangkan diabetes tipe 2 dalam 10 tahun berikutnya adalah 50 persen," jelas Dr Pradeep Ratnaparkhi. Menurutnya, makan terlalu cepat berbahaya bagi kesehatan dengan berbagai cara. Hal ini dapat mengakibatkan peningkatan jumlah kalori yang dikonsumsi karena dibutuhkan waktu bagi otak untuk memberikan sinyal bahwa perut sudah kenyang. 

Otak membutuhkan waktu 20 menit untuk menyadari bahwa perut sudah kenyang. Jadi, jika Anda mengunyah dengan cepat maka kalori yang masuk ke tubuh akan semakin banyak hingga Anda mendapatkan sinyal bahwa perut sudah kenyang. Hal ini ternyata mengakibatkan kenaikan berat badan yang pada gilirannya berhubungan dengan pra-diabetes dan diabetes tipe 2. "Diet sehat dan olahraga teratur dapat membantu orang dengan pra-diabetes menjaga tingkat gula mereka di bawah kontrol. Dan makanlah secara perlahan agar tetap ramping dan bugar," tutup Dr Pradeep Ratnaparkhi. 

Demikian adalah informasi tentang Kunyah Makanan Pelan-Pelan Agar Terhindar Dari Diabetes.. terima kasih atas kunjungan Anda, semoga bermanfaat.

Tanaman yang Biasa digunakan untuk Penangkal Diabetes

Tanaman yang Biasa digunakan untuk Penangkal Diabetes | diabetes mellitus atau kencing manis adalah suatu penyakit yang amat serius, yang bahkan seringkali berakibat dengan kematian. Diabetes bukan penyakit baru. Sejak 1552 SM penyakit yang ditandai dengan seringnya buang air kecil dalam jumlah banyak serta penurunan berat badan yang drastis ini, sudah dikenal dan disebut dengan istilah Poliuria. Tahun 400 SM, seorang penulis India Sushratha menamainya "penyakit kencing madu".

Nama diabetes mellitus (diabetes = mengalir terus, mellitus = manis) akhirnya diberikan oleh Aretaeus sekitar 200 tahun sebelum Masehi. Untungnya, sebenarnya diabetes termasuk golongan penyakit yang dapat dikontrol. Namun sayangnya, justru kebanyakan para penderita diabetes tidak tahu tentang hal ini sehingga akibatnya menjadi sangat fatal. Selama ini wabah kencing manis ( lebih dari 90% kasus) banyak terjadi pada kelompok usia baya dan tua. Namun , sekarang kencing manis juga banyak menimpa anak, remaja dan warga kurang mampu. Penyebabnya bisa jadi antara lain karena kurang gerak dan menu kebaratan-baratan. Kendati tidak bisa disembuhkan , penderita diabetes sebenarnya bisa hidup normal . Caranya adalah mengontrol penyakit ini dengan melakukan kontrol kadar gula darah disertai diet dan olahraga yang teratur.
Tanaman yang Biasa digunakan untuk Penangkal Diabetes
Diabetes tergolong penyakit menahun, bahkan tidak jarang pasien penderita kencing manis bergantung obat sepanjang hidupnya. Padahal obat sendiri membawa dampak ekonomi selain efek samping tentunya. Oleh karena itu tidak heran banyak penderita diabetes melirik penggunaan tanaman obat untuk mengontrol kadar gula dalam darahnya. Beberapa tanaman obat antidiabetes yang selain telah digunakan secara tradisional juga telah diteliti secara ilmiah diantaranya adalah :

Buah Pare
Buah pare ini telah lama dipakai sebagai obat di Cina sejak tahun 1578. Selain secara tradisional sebagai tonikum, obat batuk, obat antimalaria, penambah nafsu makan dan penyembuh luka, ratusan riset telah dilakukan diberbagai negara untuk mengetahui efek buah pahit ini terhadap kadar gula darah. Hasil riset yang telah dilakukan di berbagai negara tersebut ternyata mempertegas khasiat buah pare sebagai antidiabetes. Buah pare yang belum masak banyak mengandung saponin, flavonoid dan polifenol (antioksidan kuat) serta glikosida kukurbitasin, momordisin dan karantin. Pada hewan coba, dapat diketahui bahwa efek pare dalam menurunkan kadar gula darah adalah dengan cara mencegah usus menyerap gula yang dimakan. Selain itu pare juga diduga mempunyai senyawa yang mirip sulfonylurea (obat antidiabetes yang palin tua dan banyak dipakai). Obat jenis ini menstimulir sel beta pancreas tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak. Efek pare dalam menurunkan gula darah pada kelinci diperkirakan juga serupa dengan mekanisme insulin.

Dosis yang sering dipakai untuk mengatasi diabetes adalah dengan mengkonsumsi 50-60 ml jus buah pare sehari. Penggunaan dosis yang lebih tinggi dari buah pare ini dapat mengakibatkan sakit perut dan diare. Juga perlu dipertimbangkan apabila penggunaanya digabung dengan obat antidiabetes dari dokter. Sedangkan bagi para ibu hamil, anak-anak dan orang-orang yang kadar gulanya cenderung rendah, tidak dianjurkan karena bisa membahayakan.

Bawang Merah
Bawang merah dan bawang putih yang biasa dikenal sebagai bahan bumbu dapur ternyata mempunyai khasiat dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Senyawa dalam bawang yang dipercaya mempunyai khasiat itu adalah allyl propil disulphide (APDS) dan diallyl disulphide oxide (Allicin), meskipun tentunya senyawa lain seperti flavonoid juga ikut berperan. Dari percobaan dilaboratorium didapatkan hasil bahwa APDS menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara berkompetisi di liver, sehingga dapat meningkatkan jumlah insulin bebas. Ekstrak bawang merah diketahui dapat menurunkan kadar gula dalam darah, baik bila dikonsumsi secara oral maupun bila diberikan secara injeksi intraperitonial. Dari pengamatan dapat diketahui bahwa bawang sudah dapat memberikan efek yang menguntungkan bagi penderita diabetes apabila dikonsumsi setiap hari sekitar 25 – 200 mg. Hasil penelitian bahkan memberikan efek yang sama apabila bawang tersebut dikonsumsi dalam bentuk mentah ataupun dimasak. Selain itu, mengkonsumsi bawang merah dan bawang putih juga memberikan efek yang bagus terhadap system kardiovaskular, diantaranya adalah dapat menurunkan kadar lemak serta dapat berkhasiat antihipertensi. Jadi mengkonsumsi bawang merah ataupun bawang putih sangatlah dianjurkan bagi para penderita diabetes.

Juwet / Jamblang
Anda pasti tidak menyangka bukan bahwa tanaman juwet atau jamblang atau dalas, plum jawa, anggur sepet mempunyai setumpuk manfaat yang berguna bagi kesehatan manusia. Tanaman ini mempunyai bermacam-macam varietas. Varietas yang sudah dibudidayakan mempunyai buah yang lebih besar, biasanya sebesar biji rambutan, warnanya biru keunguan. Umum dikenal dengan nama jamblang biasa atau jamblang ireng. Diasamping yang berwarna hitam dan biru, ada pula varietas yang buahnya ungu atau putih.

Jamblang yang berbuah putih (jamblang bawang) inilah yang merupakan obat tradisional yang mujarab untuk melawan penyakit kencing manis. Biji jamblang dipercaya mampu mempercepat penyembuhan luka pada penderita diabetes. Hal ini diduga karena adanya zat glukosida phytomellin dalam biji jamblang yang mampu mengurangi kerapuhan pembuluh darah kapiler. Berkat kandungan phytomelin biji juwet/jamblang ini , maka kerapuhan tubuh dapat diatasi dan luka yang ada bisa cepat sembuh. Kandungan alpha phytosterol dari biji jamblang juga mampu melibas gejala yang sering dialami oleh penderita diabetes seperti rasa cepat capai dan kekurangan tenaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biji juwet mempunyai efek hipoglikemia yang signifikan. Hal ini akan dapat menurunkan kadar gula dalam darah, selain itu biji jamblang juga diketahui dapat menurunkan kadar gula dalam air seni.

Secara tradisional untuk mengatasi diabetes, anda dapat mengkonsumsinya dengan aturan pakai : 7 biji jamblang bawang segar, tumbuklah hingga halus dan kemudian rebus dengan 2 gelas air. Air rebusan ini dapat anda bagi untuk mengkonsumsinya menjadi 3 kali sehari. Pemberian ramuan ini biasanya berlangsung antara 2-3 hari, apabila badan sudah merasa segar, tidak lesu dan kekurangan tenaga lagi atau dalam artian kadar gula anda stabil/normal anda bisa menghentikan pengobatan.

Biji Klabet
Meskipun biji klabet ini secara tradisional banyak dipakai untuk mengatasi berbagai macam penyakit, tetapi umumnya penelitian terhadap tanaman ini lebih difokuskan terhadap khasiatnya sebagai antidiabetes ataupun untuk menurunkan kolesterol. Dari hasil penelitian awal memperlihatkan bahwa terhadap penderita diabetes tipe 2 ( tidak tergantung insulin), biji klabet dapat menurunkan kadar gula serta memperbaiki segala problem yang berhubungan dengan tingginya kadar gula dalam darah. Problem itu diantaranya meliputi seringnya kencing, rasa haus pada malam hari, sakit pada saraf serta infeksi kulit. Hanya satu penelitian yang melaporkan bahwa biji klabet ini juga dapat memperbaiki kadar gula bagi para penderita diabetes tipe 1 (tergantung insulin). Senyawa aktif yang bertanggung jawab untuk mengatasi diabetes dari biji tanaman ini diduga adalah trigonelline alkaloid, asam nikotinat serta kumarin.

Pemakaian biji klabet secara tradisional, dianjurkan agar tidak lebih dari 12 minggu. Selain takut timbul efek yang tidak diinginkan, hal ini juga karena penelitian tentang mengkonsumsi biji klabet untuk jangka panjang belum selesai dilakukan. Dosis yang biasa dipakai untuk penderita diabetes tipe 1 (tergantung insulin) usia diatas 18 th adalah 50 gr biji klabet, 2 kali sehari yang dikonsumsi secara oral. Sedang bagi penderita diabetes tipe 2 (tidak tergantung insulin) adalah 2,5 gram serbuk biji klabet, dua kali sehari secara oral. Bagi penderita diabetes yang usianya dibawah 18 th serta bagi para ibu hamil dan menyusui, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan ini, karena dosis dan keamanannya belum diteliti.

Kehati-hatian harus diperhatikan terutama bagi yang mempunyai alergi terhadap biji klabet. Beberapa efek samping pernah dilaporkan akibat pemakaian biji klabet ini , misalnya terjadi diare, rasa malas dan mengantuk, muka bengkak dll, walau sebenarnya hal ini jarang terjadi.

Nah, dari uraian diatas, bisa kita lihat ada beberapa macam tanaman obat yang dapat dipilih oleh anda para penderita diabetes. Yang harus selalu diingat adalah berkonsultasilah selalu dengan dokter anda. Hal ini dikarenakan adanya efek gabungan dari tanaman obat tersebut dengan obat modern yang berasal dari dokter anda. Adanya efek gabungan ini , apabila tidak dikontrol bisa mengakibatkan kadar gula dalam darah turun drastis, yang mana hal ini justru juga bisa berakibat fatal. Dengan usaha diatas, ditambah dengan diet makanan yang terkontrol serta olahraga yang teratur, semoga penyakit diabetes ini dapat anda kendalikan.

Demikianlah informasi tentang Tanaman yang Biasa digunakan untuk Penangkal Diabetes yang bisa saya bagikan pada artikel ini. terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.

Kulit Bawang Kurangi Risiko Kanker & Diabetes


Kulit Bawang Kurangi Risiko Kanker & Diabetes | Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur wajib dalam hampir setiap masakan. Namun, banyak ibu rumah tangga yang mengupas kulit bawang paling luar dan membuangnya.

Lain waktu saat sedang memasak, jangan membuang kulit bawang yang mengering. Karena, limbah bawang merah terbukti memiliki senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Menurut para peneliti, kulit bagian luar bawang yang mengering dan kerap berwarna kecoklatan kaya serat dan flavonoid. Sedangkan bonggol bawang bawang mengandung senyawa belerang dan fructans.

"Limbah bawang merah merupakan sumber bahan alami yang bernilai tinggi. Karena sayuran ini kaya senyawa yang memberikan manfaat bagi kesehatan manusia", kata Vanesa Benitez, seorang peneliti di Departemen Kimia Pertanian Universitas Madrid, Spanyol.

Kulit Bawang Kurangi Risiko Kanker & Diabetes
Kelompok riset Benitez bekerja dengan para ilmuwan dari Universitas Cranfield Inggris untuk melakukan eksperimen laboratorium. Mereka mengidentifikasi zat dan kemungkinan penggunaan setiap bagian dari bawang.

Menurut penelitian, kulit bawang yang mengering mengandung serat diet tinggi, terutama yang sulit larut. Kulit bawang juga mengandung senyawa fenolik, seperti quercetin dan flavonoid, serta metabolit lain yang bersifat obat. Dua lapisan bawang paling luar juga mengandung serat dan flavonoid.


"Makan serat mengurangi risiko menderita penyakit kardiovaskular, keluhan gastrointestinal, kanker usus besar, diabetes tipe-2 dan obesitas," tambah peneliti seperti dikutip dari Times of India.

Senyawa fenolik, membantu mencegah penyakit koroner dan bersifat anti-karsinogenik. Tingginya tingkat senyawa fenol pada lapisan kulit bawang menunjukkan bumbu dapur satu ini memiliki kandungan antioksidan tinggi.
Rincian studi dimuat dalam jurnal Plant Foods for Human Nutrition.



Demikian adalah informasi tentang Kulit Bawang Kurangi Risiko Kanker & Diabetes yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. terimakasih, semoga bermanfaat.

Mengetahui Kanker Payudara dan Bagaimana Cara Mengantisipasinya

Mengetahui Kanker Payudara dan Bagaimana Cara Mengantisipasinya | Kanker payudara adalah kanker paling umum yang diderita kaum perempuan. Di Indonesia, kanker payudara merupakan salah satu penyakit penyebab terbesar kematian pada wanita. Sedangkan kanker ovarium, biasa dikenal dengan “silent killer”, menduduki peringkat ke-lima sebagai penyebab kematian pada wanita akibat kanker. 
Mengetahui Kanker Payudara dan Bagaimana Cara Mengantisipasinya
Risiko diturunkan: Menurut penelitian sementara 90 persen kasus tidak diwariskan. Hanya 5-10 persen kanker payudara disebabkan oleh mutasi gen yang diwariskan dari satu ibu atau ayah. Mutasi gen BRCA1 dan BRCA2 adalah yang paling sering. Perempuan dengan mutasi ini memiliki risiko terkena kanker payudara sampai 80 persen. Meningkatnya risiko kanker ovarium juga dikaitan dengan mutasi gen ini. Ciri-Ciri Kanker Payudara Sesuai namanya, kanker payudara merupakan penyakit yang disebabkan oleh berkembangnya sel kanker di daerah payudara. Penyakit ini kebanyakan menyerang perempuan, tetapi laki-laki juga bisa terkena. 

Kangker payudara merupakan jenis penyakit kanker dengan jumlah penderita terbanyak nomor dua di dunia. Sedangkan dari tingkat kematian, jenis kangker ini menyebabkan kematian nomor lima terbesar di dunia. Tanda awal dari kanker payudara adalah ditemukannya benjolan yang terasa berbeda pada payudara. Jika ditekan, benjolan ini tidak terasa nyeri. Awalnya benjolan ini berukuran kecil, tapi lama kelamaan membesar dan akhirnya melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau puting susu. 

Berikut antara lain hal-hal yang harus Anda perhatikan yang merupakan gejala kanker payudara
benjolan pada payudara anda berubah bentuk / ukuran kulit payudara berubah warna: dari merah muda menjadi coklat hingga seperti kulit jeruk puting susu masuk ke dalam (retraksi) salah satu puting susu tiba-tiba lepas / hilang bila tumor sudah besar, muncul rasa sakit yang hilang-timbul kulit payudara terasa seperti terbakar payudara mengeluarkan darah atau cairan yang lain, padahal Anda tidak menyusui Tanda kanker payudara yang paling jelas adalah adanya borok (ulkus) pada payudara. Seiring dengan berjalannya waktu, borok ini akan menjadi semakin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara. Gejala lainnya adalah payudara sering berbau busuk dan mudah berdarah.

Demikian adalah informasi tentang Mengetahui Kanker Payudara dan Bagaimana Cara Mengantisipasinya yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermnfaat

Cara Atasi Asam Urat Dengan Daun Salam

Cara Atasi Asam Urat Dengan Daun Salam | Asam urat itu disebabkan kandungan asam urat di dalam darah tinggi. gout itu serangan asam urat yang parah sampai penderita benar-benar kesakitan. Asam urat adalah hasil metabolisme tubuh oleh salah satu unsur protein, zat puri dan ginjal adalah organ yang mengatur kestabilan kadarnya dalam tubuh dan akan membawa sisa asam urat ke pembuangan air seni.

Namun jika kadar asam urat itu berlebihan, ginjal tidak akan sanggup mengaturnya sehingga kelebihan itu akan menumpuk pada jaringan dan sendi. Otomatis, ginjal juga akan mengalami gangguan. Kandungan asam urat yang tinggi menyebakan nyeri dan sakit dipersedian yang amat sangat, jika sudah sangat parah, sangat memungkinkan penderita tidak bisa berjalan.
Penyakit asam urat pada beberapa waktu lalu memang cenderung menyerang usia senja. Namun kini banyak kasus ditemui pria maupun wanita berusia 20 tahunan pun banyak yang menderita penyakit ini. Setelah diteliti, pola makan memegang peranan utama disusul oleh kebiasaan hidup tanpa olahraga.
Kadar asam urat yang normal dalam darah adalah 7 mg persen, jika lebih dari itu maka harus benar-benar diet berbagai jenis makanan yang merangsang asam urat dalam darah. Bukan saja kekakuan sendi yang akan diderita namun juga kemungkinan penyakit lain seperti batu ginjal, kerusakan ginjal, dan tekanan darah tinggi.

Menurut Prof Hembing Wijayakusuma dalam bukunya Tumbuhan Berkhasiat Obat: Rempah, Rimpang, dan Umbi. Mengungkapkan pohon salam memiliki berbagai khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pohon salam bisa dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain. Kandungan kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah.

Daun salam biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia sebagai pelengkap bumbu dapur. Pohon salam (Syzygium polyanthum) yang biasa tumbuh liar di hutan dan di pegunungan bisa mencapai ketinggian 25 meter dan lebar pohon 1,3 meter.
Tumbuhan ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Selain daun yang dipakai sebagai bumbu, kulit pohonnya biasa dipakai sebagai bahan pewarna jala atau anyaman bambu. Perbanyakan tumbuhan ini bisa dilakukan dengan biji, cangkok, atau stek.
Mengatasi asam urat yang tinggi, 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Diminum tiap pagi dan sore.

Demikianlan publish kami tentang Cara Atasi Asam Urat Dengan Daun Salam pada artikel ini. terima kasih

Gangguan Bipolar ( Manik Depresif )

Tips KesehatanGangguan Bipolar (juga dikenal sebagai ganguan manik depresif) adalah "suatu kondisi yang dicirikan oleh episode depresi yang diselingi dengan periode manakala suasana hati dan energi sangat meningkat. begitu meningkatnya hingga melampaui batas normal suasana hati yang baik". Fase peningkatan ini disebut mania. Gejalanya mungkin mencakup berpikir dengan sangat cepat. Cerewet, dan penurunan kebutuhan untuk tidur. Bahkan, sipenderita dapat terjaga selama berhari-hri tanpa tidur, tetapi tidak menunjukan tanda-tanda kehabisan energi. Gejala lain dari gangguan bipolar adalah perilaku yang sangat impulsif tanpa memikirkan konsekwensi.
Bipolar Disorder penyakit yang merupakan hasil dari ketidakseimbangan kimia dalam otak, yang dapat menyebabkan fluktuasi ekstrem suasana hati dari "high" mania (peningkatan suasana hati yang diatas rata2 karakter bagi individu) ke "deepdown" depresi (suasana hati terus-menerus rendah ).
“Tips

Semua orang pengalaman kebahagiaan dan kesedihan, namun orang-orang yang hidup dengan Bipolar Disorder merasakan perubahan mood ini pada tingkat yang berlebihan. Perubahan tersebut sering disebut sebagai siklus atau episode.

Gangguan Bipolar—Selalu berubah-ubah 
"Kestabilan adalah tempat bertamu penderita bipolar. Tak seorang pun dari kami yang benar-benar tinggal disitu."—Gloria

DEPRESI KLINIS memang penuh tantangan. Namun, sewaktu ditambah lagi dengan mania, hasilnya disebut gangguan bipolar. "Satu-satunya hal yang konsisten tentang gangguan bipolar adalah bahwa itu tidak pernah konsisten." kata seorang penderita bernama Lucia. Selama mania, kata The Harvard Mental Health Letter, pasien bipolar "dapat sangat suka ikut campur dan mendominasi. Dan euporia mereka yang sembarangan dan tidak bisa diam bisa tiba-tiba berubah menjadi kekesalan atau kemarahan".

Lenore mengingat pengalamanya sewaktu dilanda mania. "Saya memiliki energi yang meluap-luap," katanya. "Banyak orang menjuluki saya wanita super. Orang bilang, 'Seandainya saya bisa seperti kamu'. Saya sering merasa sangat kuat, seolah-olah saya dapat melakukan apa saja. Saya melakukan kegiatan harian dan hanya sedikit tidur—dua atau tiga jam semalam. Namun saya bangun dengan tingkat energi yang sama tingginya."

Tetapi, pada waktunya, awan hitam mulai merundung Lenore. "Di puncak euporia saya," katanya, "saya merasakan gejolak jatuh di dalam diri saya, bagaikan mesin yang tidak bisa dimatikan. Tiba-tiba suasana hati saya yang menyenangkan menjadi agresif dan destruktif. Saya melancarkan serangan verbal terhadap seorang anggota keluarga tanpa alasan. Saya marah, benci, dan benar-benar tak terkendali. Setelah memperlihatkan perilaku yang menakutkan ini, saya tiba-tiba merasa lelah, ingin menangis dan sangat depresi. Di pihak lain, saya bisa berubah lagi ke diri saya yang sangat ceria itu, seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Perilaku yang tidak karuan akibat gangguan bipolar ini merupakan sumber kebingungan bagi para anggota keluarga. Mary, yang suaminya menderita gangguan bipolar, menyatakan, "Bingung rasanya melihat suami saya yang bahagia dan senang bicara kemudian tiba-tiba menjadi putus asa dan pendiam. Kami benar-benar berjuang untuk menerima fakta bahwa ia tidak sanggup mengendalikan hal ini.

Ironisnya, gangguan bipolar sering kali sama menyusahkanya—bagi sang penderita. "Saya iri pada orang-orang yang punya keseimbangan dan kestabilan dalam kehidupan mereka," kata seorang pasien bipolar bernama Gloria. "Kestabilan adalah tempat bertamu penderita bipolar. Tak seorang pun dari kami yang benar-benar tinggal disitu."

Apa penyebab gangguan bipolar?
Salah satunya adalah faktor genetis—yang lebih kuat dari pada faktor depresi. "Menurut beberapa kajian ilmiah," kata Ikatan Dokter Amerika, "anggota keluarga dekat—orang tua, kakak, adik, atau anak-anak—dari penderita depresi bipolar lebih cenderung mengalami penyakit ini 8 hingga 18 kali daripada anggota keluarga dekat dari orang yang sehat. Selain itu, memiliki seorang anggota keluarga dekat yang menderita depresi bipolar dapat membuat Anda lebih rentan terkena depresi mayor."

Kontras dengan depresi, gangguan bipolar tampaknya menyerang pria dan wanita dalam jumlah yang sama. Hal ini paling sering dimulai sewaktu seseorang baru menginjak dewasa, tetapi kasus-kasus gangguan bipolar telah didiagnosis pada remaja dan bahkan anak-anak. Meskipun demikian, menganalisis gejalanya dan menarik kesimpulan yang benar dapat sangat sulit bahkan bagi seorang pakar medis. "Gangguan bipolar adalah bunglonnya gangguan kejiwaan, mengubah tampilan gejalanya dari satu pasien ke pasien lain, dan dari satu episode ke episode lain bahkan pada pasien yang sama," tulis dr. Francis Mark Mondimore dari Fakultas Kedokteran di Jhons Hopkins University.

"Ia bagaikan siluman yang dapat menyelinap mendatangi korbanya dengan berjubahkan gelapnya kesedihan tetapi kemudian menghilang selama bertahun-tahun—lantas datang kembali dengan berjubahkan mania yang terang-benderang tetapi berapi-api."

Jelaslah, gangguan afektif sulit didiagnosis dan bahkan dapat lebih sulit lagi bagi penderitanya. Tetapi ada harapan bagi para penderita.

Pikiran yang Tersiksa 
Di seluruh dunia, depresi dan gangguan bipolar menyerang jutaan pria dan wanita. Bagaimana mereka dapat dibantu?

Nicole telah mengalami periode-periode suasana hati yang suram sejak ia berusia 14 tahun. Tetapi, pada usia 16 tahun, ia mulai mengalami sesuatu yang baru—keadaan euforia yang mengejutkan dan energi yang luar biasa tinggi. Gagasan yang berseliweran menyerbu benaknya, ucapan yang terbata-bata, dan kekurangan tidur disertai kecurigaan tak berdasar bahwa teman-temannya sedang memanfaatkan dia. Lantas, Nicole menyatakan bahwa ia dapat mengubah warna benda-banda sesuai dengan keinginnanya. Pada saat itulah, ibu Nicole sadar bahwa bantuan medis dibutuhkan, maka ia membawa Nicole ke rumah sakit. Setelah dengan cermat memonitor suasana hati Nicole yang berubah-ubah, para dokter akhirnya mencapai sebuah diagnosis: Nicole mengidap gangguan bipolar.#

Seperti Nicole, jutaan orang di seluruh dunia menderita gangguan afektif—apakah gangguan bipolar atau suatu bentuk depresi klinis. Dampak penyakit-penyakit ini dapat menghancurkan. "Selama bertahun-tahun saya sangat menderita," kata seorang pasien bipolar bernama steven. "Saya mengalami depresi yang mengerikan dan kemudian euforia yang berlebihan. Terapi dan pengobatan membantu, tetapi saya masih harus berjuang keras."

Apa penyebab gangguan afektif? Seperti apa rasanya diserang depresi atau gangguan bipolar? Bagaimana para penderita—dan orang-orang yang merawat mereka—dapat menerima dukungan yang dibutuhkan?

Dalam tahun-tahun belakangan ini, gangguan bipolar telah mendapat lebih banyak perhatian publik. Gejala penyakit ini mencakup perubahan suasana hati yang parah, yang bolak-balik antara depresi dan mania.## "Selama fase depresi," kata sebuah buku yang baru diterbitkan oleh Ikatan Dokter Amerika, "Anda mungkin dihantui oleh gagasan untuk bunuh diri. Selama fase mania penyakit Anda, penilaian Anda yang baik mungkin lenyap dan Anda mungkin tidak bisa melihat bahayanya tindakan Anda."

Gangguan bipolar mungkin mempengaruhi 2 persen penduduk Amerika Serikat, yang berarti ada jutaan penderita di negeri itu saja. Namun, angka saja tidak dapat melukiskan betapa tersiksanya hidup dengan gangguan afektif.

Soda dan Jus Jeruk jadi Pemiicu Asam Urat pada Perempuan

Soda dan Jus Jeruk jadi Pemiicu Asam Urat pada Perempuan | Boston, Asam urat atau gout merupakan salah satu bentuk penyakit rematik yang sebenarnya lebih banyak menyerang laki-laki. Meski risikonya lebih kecil, perempuan juga bisa terkena terutama jika terlalu banyak mengonsumsi soda dan jus jeruk.

Kandungan soda dan jus jeruk bertanggung jawab dalam meningkatkan risiko tersebut adalah fruktosa. Di dalam tubuh, senyawa yang merupakan salah satu gula sederhana ini bisa meningkatkan kadar asam urat penyebab gout.

Ketika kadarnya meningkat, sebagian asam urat akan mengkristal lalu menumpuk di persendian. Penumpukan kristal asam urat inilah yang sering memicu nyeri luar biasa pada penderita asam urat.

Menurut penelitian terbaru di Boston University, konsumsi 2 kaleng soda tiap hari pada perempuan bisa meningkatkan risiko gout hingga 2 kali lipat. Jumlah peningkatan yang sama juga terjadi jika minum jus jeruk sebanyak 350 ml setiap hari.

Meskipun demikian, risiko pada perempuan tetap rendah. Penelitian yang berlangsung selama 22 tahun tersebut hanya mencatat 1 persen dari 79.000 partisipan perempuan yang akhirnya mengalami gout.

Gout lebih banyak menyerang laki-laki karena perempuan memiliki esterogen yang bisa mencegah pembentukan kristal asam urat. Perbedaan itulah yang menyebabkan 98 persen serangan gout pada perempuan terjadi setelah menopause, ketika kadar esterogen telah menurun.



Demikianlah publish kami tentang Soda dan Jus Jeruk jadi Pemiicu Asam Urat pada Perempuan. terima kasih atas kunjungan anda semoga bermanfaat. anda juga bisa lihat cara mengatasi sakit gigi secara tradisional

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Asam Urat

Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Asam Urat | Peradangan sendi yang disebabkan penumpukan asam urat seringkali menimbulkan rasa sakit luar biasa. Nyeri ini biasanya terjadi pada bagian jempol kaki. Tetapi rasa nyeri juga bisa terjadi pada bagian pergelangan kaki, lutut dan tangan.
Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Asam Urat
Serangan asam urat bisa terjadi dalam hitungan hari atau bulan. Pria dan orang obesitas adalah kelompok yang berisiko tinggi mengalami asam urat. Sebenarnya, nyeri akibat asam urat bisa dicegah dengan mengatur pola makan.

Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi atau setidaknya kurangi porsinya agar nyeri akibat asam urat bisa dicegah. Apa saja makanan tersebut?

Kerang kipas
Untuk mengurangi risiko munculnya nyeri asam urat, Anda harus mengurangi konsumsi kerang kipas. Demikian halnya seperti yang diungkapkan Lona Sandon, asisten profesor nutrisi klinis di University of Texas Southwestern Medical Center, Amerika Serikat.

"Hewan laut satu ini sangat kaya akan purin, yang oleh tubuh akan dipecah menjadi asam urat. Jika ingin mengonsumsinya, sebaiknya jangan terlalu banyak," kata Sandon, seperti dikutip dari Health.com

Bir
Minum bir akan meningkatkan risiko serangan asam urat hingga dua kali lipat. Tidak hanya meningkatkan asam urat tetapi juga membuat tubuh makin sulit membersihkannya dari sistem. Jika memang ingin minum, lebih baik pilih wine. Minum bir hanya akan membuat nyeri asam urat makin parah.


Daging merah
Tidak semua daging memiliki kadar purin yang sama. Daging putih biasanya lebih sehat daripada daging merah. Sebenarnya tidak masalah jika Anda mengonsumsi daging merah, tetapi pastikan jangan terlalu sering.

Minuman manis
Hindari konsumsi minuman manis mengandung fruktosa tinggi seperti soda atau jus buah kemasan. Pemanis buatan yang terkandung di dalamnya akan membuat tubuh lebih banyak memproduksi asam urat. Penelitian juga menunjukan pria yang mengonsumsi banyak minuman berfruktosa tinggi berisiko lebih tinggi terkena asam urat.

Asparagus
Asparagus, kembang kol, bayam dan jamur mengandung lebih banyak purin dibandingkan sayuran lainnya. Tetapi jika Anda tidak terlalu banyak mengonsumsinya, tidak masalah. Menurut Sandon, tubuh juga sebenarnya lebih mudah mengeluarkan purin yang bersumber dari bahan nabati.

Demikianlah pembahasan saya tentang Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Oleh Penderita Asam Urat pada artikel ini. terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.

Mengetahui Penyakit Motor Neuron Disease (MND)

Mengetahui Penyakit Motor Neuron Disease (MND)Dalam neuron motorik penyakit (MND), saraf motorik menjadi rusak dan akhirnya berhenti bekerja. Oleh karena itu, otot-otot yang rusak saraf pasokan secara bertahap kehilangan kekuatan mereka. Ada berbagai 'sub-jenis' dari MND. Dalam setiap jenis,gejala cenderung mulai dengan cara yang berbeda. Namun,sebagai penyakit berkembang, gejala dari setiap jenis MNDcenderung tumpang tindih. Ini berarti bahwa gejala pada tahap selanjutnya dari masing-masing jenis MND menjadi serupa. 
Jenis utama dari Motor Neuron Disease (MND) adalah:
  • Amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Ini adalah 'klasik' MND dan jenis yang paling umum. Sekitar 8 dari 10 orang dengan MNDmemiliki tipe ini. Gejala cenderung mulai di tangan dan kaki.Otot-otot cenderung menjadi kaku serta lemah pada awalnya.
  • Progressive bulbar palsy (PBP). Sekitar 2 dari 10 orang denganMND memiliki tipe ini. Otot-otot yang pertama terkena adalahyang digunakan untuk berbicara, mengunyah dan menelan (otot-otot bulbar).
  • Progresif otot atrofi (PMA). Ini merupakan bentuk jarang MND.Otot-otot kecil tangan dan kaki biasanya pertama terpengaruh,tetapi otot tidak kaku.
  • Primer lateral yang sclerosis (PLS). Ini adalah tipe yang jarang dari MND. Ini terutama menyebabkan kelemahan pada otot kaki.Beberapa orang dengan tipe ini juga dapat mengembangkankecanggungan di tangan atau mengembangkan masalah bicara.

Apa yang menyebabkan Motor Neuron Disease (MND)?
Penyebabnya tidak diketahui. Diperkirakan bahwa bahan kimia tertentu atau struktur yang hanya terjadi dalam saraf motorik yang rusak dalam beberapa cara. Alasan mengapa saraf menjadi rusak tidak jelas. (Hal ini juga tidak jelas mengapa saraf sensorik, yang memiliki struktur yang sama, tidak terpengaruh.) Mungkin ada satu atau lebih faktor-faktor lingkungan yang dapat memicu kerusakan pada seseorang yang rentan terhadap penyakit. Penelitian terus untuk menemukan penyebab kerusakan pada saraf.

Apa saja gejala awal Motor Neuron Disease (MND)?
Bagi banyak orang dengan penyakit motor neuron, gejala awal mereka sangat ringan. Penyakit ini mempengaruhi orang-orang berbeda dalam berbagai cara.
Fitur utama dari ALS-MND ​​adalah kelemahan otot yang secara bertahap semakin memburuk. Gejala pertama biasanya terbentuk di tangan dan lengan, atau kaki dan kaki. Kurang umum, gejala pertama dalam otot bulbar (otot-otot di sekitar wajah dan tenggorokan):
Tangan dan gejala lengan. Pada awalnya Anda mungkin memperhatikan bahwa pegangan Anda adalah kurang kuat.Anda mungkin drop hal, dan sulit untuk membuka tutup botol, kunci gilirannya, dll Anda juga mungkin memperhatikan bahwa otot-otot di tangan Anda (terutama pada dasar ibu jari Anda) menjadi datar dengan waktu.

Kaki dan gejala kaki. Pada awalnya Anda mungkin mulai untuk menyeret satu kaki atau cenderung untuk perjalanan mudah.Anda mungkin merasa lebih sulit untuk naik tangga atau bangkit dari kursi rendah. Anda dapat menemukan Anda jauh lebih lelah setelah berjalan.
Bulbar otot gejala. Anda mungkin tidak bisa berteriak atau bernyanyi. Pidato Anda mungkin menjadi cadel. Mungkin ada perubahan dalam kualitas suara Anda. Anda mungkin mengalami beberapa kesulitan dengan menelan sebagai otot yang mengkoordinasikan menelan menjadi terpengaruh.
Gejala lainnya yang mungkin terjadi meliputi: kram otot, kelelahan, 'kedutan' otot melemah (fasciculation), dan menyentak dari lengan atau kaki sementara Anda beristirahat.
Bagaimana gejala kemajuan?

Gejala dapat mempengaruhi hanya satu lengan atau kaki pada awalnya. Mereka kemudian secara bertahap menjadi lebih buruk, dan menyebar untuk melibatkan anggota badan lainnya.Akhirnya, banyak otot dalam tubuh menjadi terpengaruh.Beberapa kelompok otot mungkin lebih sangat terpengaruh daripada yang lain. Otot secara bertahap menjadi lebih lemah dan terbuang. Masalah yang berkembang pada akhirnya mungkin termasuk yang berikut:
Mobilitas (berjalan) biasanya menjadi lebih buruk.
Melakukan tugas dengan lengan dan tangan menjadi semakin sulit.
Makan dan menelan menjadi sulit ketika lidah dan otot-otot sekitar mulut dan tenggorokan menjadi lemah.

Bersin dan batuk menjadi lemah.
Anda bisa menjadi napas saat beraktivitas minimal ketika otot-otot dada menjadi terpengaruh.

Demikian lah informasi tentang Mengetahui Penyakit Motor Neuron Diases yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. terima kasih atas kunjungan anda semoga bermanfaat. atau anda juga bisa baca Mengobati Sakit Gigi Secara Tradisional.

Mengenal Beberapa Gejala dan Juga Cara Mengatasi Hiptiroid

Mengenal Beberapa Gejala dan Juga Cara Mengatasi Hiptiroid | Hipotiroid adalah sebuah situasi atasu kondisi yang ditandai dengan produksi hormon tiroid yang relatif lebih rendah dari biasanya. Hormon ini bertugas mengatru tingkat metabolisme sehingga merangsang tubuh supaya bisa bekerja sesuai dengan fungsinya.

Gejala-Gejala Hipotiroid


Gejala-gejala hipotiroid ini seringkali tak kentara, Mereka tidak spesifik dengan kata lain yang berarti dapat meniru gejala-gejala dari banyak kondisi-kondisi lain, dan adalah seringkali dihubungkan pada penuaan. Pasien-pasien dengan hipotiroid ringan mungkin tidak mempunyai tanda-tanda atau gejala-gejala. Gejala-gejala umumnya menjadi lebih nyata ketika kondisinya memburuk dan mayoritas dari keluhan-keluhan ini berhubungan dengan suatu perlambatan metabolisme tubuh. Gejala-gejala umum didaftar dibawah:

  • Kelelahan
  • Depresi
  • Kenaikkan berat badan yang sedang
  • Ketidaktoleranan dingin
  • Ngantuk yang berlebihan
  • Rambut yang kering dan kasar
  • Sembelit
  • Kulit kering
  • Kejang-kejang otot
  • Tingkat-tingkat kolesterol yag meningkat
  • Konsentrasi menurun
  • Sakit-sakit dan nyeri-nyeri yang samar-samar
  • Kaki-kaki yang bengkak

Ketika penyakit menjadi lebih berat, mungkin ada bengkak-bengak sekeliling mata-mata, suatu denyut jantung yang melambat, suatu penurunan temperatur tubuh, dan gagal jantung. Dalam bentuknya yang amat besar, hipotiroid yang berat mungkin menjurus pada suatu koma yang mengancam nyawa (myxedema coma). Pada seorang yang mempunyai hipotiroid yang berat, suatu myxedema coma cenderung dipicu oleh penyakit-penyakit berat, operasi, stres, atau luka trauma. Kondisi ini memerlukan opname (masuk rumah sakit) dan perawatan segera dengan hormon-hormon tiroid yang diberikan melalui suntikan.


Didiagnosis secara benar, hipotiroid dapat dengan mudah dan sepenuhnya dirawat dengan penggantian hormon tiroid. Pada sisi lain, hipotiroid yang tidak dirawat dapat menjurus pada suatu pembesaran jantung (cardiomyopathy), gagal jantung yang memburuk, dan suatu akumulasi cairan sekitar paru-paru (pleural effusion).

Demikianlah informasi tentang Mengenal Beberapa Gejala dan Juga Cara Mengatasi Hiptiroid yang bisa saya bagikan pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat

catatan : konsultasilah kedokter anda untuk mendapatkan informasi lebih valid

Mengenal Berbagai Maca Fungsi Mikroskop

Mengenal Berbagai Maca Fungsi Mikroskop | Mikroskop adalah keahlian menggunakan mikroskop yaitu peralatan yang didesain untuk memperbesar gambaran objek atau specimen yang berukuran kecil. Mikroskop membantu mikrobiologis dalam mempelajari dan mendapatkan informasi tentang ciri-ciri organisme. Mikroskop pertama kali dikembangkan pada abad ke-16 yang menggunakan lensa sederhana untuk mengatur cahaya biasa. 
Pertama kali perbesaran terbatas kira-kira 10 kali dari ukuran objek sebenarnya. Setelah mengalami perbaikan akhirnya perbesaran bisa mencapai 270 sampai 400 kali. Penemu sel dalam susunan organisme adalah bersamaan dengan munculnya pemakaian mikroskop, yaitu Mikroskop Cahaya ( mikroskop yang sering digunakan dalam biologi ), okuler baik yang berlensa tunggal atau dikenal dengan nama Mikroskop Monokuler maupun yang berlensa ganda atau yang dikenal dengan nama Mikroskop Binokuler. 

Sesungguhnya untuk meneliti sejarah pemakaian mikroskop dengan perbaikan-perbaikan yang sangat sulit. Dapat dianggap bahwa penemuan alat-alat optik yang pertama adalah sudah merupakan pangkal penemuan dari mikroskop. 

Penggunaan sifat-sifat optik suatu permukaan yang melengkung sudah dilakukan oleh Euclid ( 3000SM ), Ptolemy ( 127-151 ), dan oleh Alhazan pada awal abad ke-11, tetapi pemakaian praktis alat pembesaran optik belum dilakukan. Baru pada abad ke-16, Leonardo da Vinci dan Maurolyco mempergunakan lensa untuk melihat benda-benda yang kecil. Kakak beradik pembuat kaca mata bangsa Belanda yang bernama Zachary dan Francis Jansen pada tahun 1590 menemukan pemakaian dua buah lensa cembung dalam sebuah tabung. Penemuan ini dianggap sebagai prototip dari mikroskop. Tahun 1610 Galileo dengan kombinasi beberapa lensa yang dipasang dalam sebuah tabung timah untuk pertama kalinya berhasil digunakan sebagai sebuah mikroskop sederhana. Tahun 1632-1723, Anthony van Lauwenhoek dapat membuat lensa-lensa dengan perbesaran yang memuaskan untuk melihat benda-benda yan kecil. Walaupun demikian terdapat keterbatasan kemampuan sebuah mikroskop dalam daya urainya. 

Hal tersebut terlihat jelas dalam sebuah rumus yang ditemukan oleh Abbe pada abad yang lalu. Dari keterbatasan daya urai sebuah mikroskop, apabila dianalisis dengan menggunakan rumus Abbe, ternyata tidak terlalu dipengaruhi oleh lensa mikroskop, melainkan dipengaruhi oleh panjang gelombang cahaya yang dipakai. Pada awal abad ke-17 telah ditemukan mikroskop dengan bentuk lensa tunggal. Cara menggunakan mikroskop ini adalah dengan meletakkan objek yang diperiksa pada ujung jarum dan sisi lain lensa dibawa kedekat mata. Dengan menekan atau mengendorkan jarum didepan lensa, maka akan diperoleh titik fokusnya. Setelah kemajuan dalam bidang teknologi maka bermuncullanlah berbagai tipe mikroskop modern. Mikroskop modern meliputi mikroskop cahaya, mikroskop ultraviolet, mikroskop fluerense, mikroskop elektron, dan mikroskop akustik. 

JENIS-JENIS MIKROSKOP 
Mikroskop cahaya Mikroskop ini menggunakan cahaya putih biasa untuk melihat mikroorganisme. Cahaya dapat dilewatkan secara langsung melalui objek atau disekitar tepi objek. Polarisasi cahaya dengan melewatkan cahaya biasa melalui dua filter dapat digunakan untuk melihat bagian-bagian objek lebih jelas. Mikroskop cahaya membantu mikroskopis dalam melihat perbesaran objek secara langsung dengan mata. Mikroskop cahaya dan memperbesar objek hingga 1000 kali dari ukuran sebenarnya. 

Mikroskop cahaya menggunakan satu lensa atau lebih lensa untuk mengatur pemusatan cahaya. Mikroskop cahaya sederhana menggunakan satu lensa sedangkan mikroskop cahaya kompleks ( compound light microscope ) menggunakan dua set lensa. Mikroskop cahaya, berlensa okuler tungga dikenal dengan nama Mikroskop Monokuler sedangkan yang berlensa okuler ganda dikenal dengan nama Mikroskop Binokuler. Mikroskop ultraviolet ( UV ) Mikroskop UV menggunakan sinar UV dengan panjang gelombang lebih pendek dari cahaya putih untuk melihat organisme. Mikroskop UV dapat melihat objek yang lebih kecil dari objek yang terlihat oleh mikroskop cahaya. Bayangan yang dihasilkan tercatat pada film fotografi, sehingga mikroskopis tidak melihat bayangan objek secara langsung. 

Perbesaran yang mungkin dengan mikroskop UV kira-kira sama dengan perbesaran mikroskop cahaya. Mikroskop fluoresen Mikroskop fluoresen juga menggunakan UV. Penggunaan mikroskop ini melibatkan pemakain zat warna fluoresen untuk mewarnai objek. Pewarnaan akan mempermudah kita dalam mendeteksi dan mengidentifikasi tipe sel tertentu. Mikroskop fluoresen membantu mikroskopis melihat objek secara langsung dan dapat memperbesar objek hingga 1000 kali ukuran sebenarnya. Mikroskop elektron Mikroskop elektron pertama kali dibuat oleh Knoll dan Rusha pada tahun 1932. perkembangan Mikroskop elektron tergantung pada teknologi memperoleh panjang gelombang yang sangat pendek dengan meningkatkan tegangan listrik. Hal tersebut memberikan harapan besar untuk kemajuan penelitian dibidang ilmu pengetahuan biologi seluler. 

Ada dua jenis Mikroskop elektron, yaitu mikroskop elektro transisi dan mikroskop elektron scanning yang mempunyai keuntungan yaitu diperoleh bayangan tiga dimensi dengan memberikan gambaran kontur permukaan jaringan atau struktur dalam sel. Mikroskop akustik Mikroskop ini menggunakan komputer untuk menganalisis gelombang suara untuk malihat objek. Mikroskop akustik menghasilkan bayangan objek secara elektronik pada layar televisi. Mikroskop ini dapat memperbesar objek sampai 5000 kali ukuran sebenarnya.

Demikianlah informasi tentang Mengenal Berbagai Maca Fungsi Mikroskop yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini, terima kasih atas kunjungan anda semoga bermanfaat.

Tips Untuk Mengatasi Hipertensi atau Darah Tinggi

Tips Untuk Mengatasi Hipertensi atau Darah Tinggi | Hipertensi atau Darah Tinggi adalah keadaan dimana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah diatas normal atau kronis (dalam waktu yang lama). Hipertensi merupakan kelainan yang sulit diketahui oleh tubuh kita sendiri. Satu-satunya cara untuk mengetahui hipertensi adalah dengan mengukur tekanan darah kita secara teratur.

Diketahui 9 dari 10 orang yang menderita hipertensi tidak dapat diidentifikasi penyebab penyakitnya. Itulah sebabnya hipertensi dijuluki pembunuh diam-diam atau silent killer. Seseorang baru merasakan dampak gawatnya hipertensi ketika telah terjadi komplikasi. Jadi baru disadari ketika telah menyebabkan gangguan organ seperti gangguan fungsi jantung, koroner, fungsi ginjal, gangguan fungsi kognitif atau stroke .Hipertensi pada dasarnya mengurangi harapan hidup para penderitanya.
Hipertensi selain mengakibatkan angka kematian yang tinggi (high case fatality rate) juga berdampak kepada mahalnya pengobatan dan perawatan yang harus ditanggung para penderita. Perlu pula diingat hipertensi berdampak pula bagi penurunan kualitas hidup.
Hipertensi sebenarnya dapat diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Jika salah satu orang tua terkena Hipertensi, maka kecenderungan anak untuk menderita Hipertensi adalah lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki orang tua penderita Hipertensi.

Diagnosis
Secara umum seseorang dikatakan menderita hipertensi jika tekanan darah sistolik/diastoliknya melebihi 140/90 mmHg (normalnya 120/80 mmHg). Sistolik adalah tekanan darah pada saat jantung memompa darah ke dalam pembuluh nadi (saat jantung mengkerut). Diastolik adalah tekanan darah pada saat jantung mengembang dan menyedot darah kembali (pembuluh nadi mengempis kosong).

Sebetulnya batas antara tekanan darah normal dan tekanan darah tinggi tidaklah jelas, sehingga klasifikasi Hipertensi dibuat berdasarkan tingkat tingginya tekanan darah yang mengakibatkan peningkatan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.
Menurut WHO, di dalam guidelines terakhir tahun 1999, batas tekanan darah yang masih dianggap normal adalah kurang dari 130/85 mmHg, sedangkan bila lebih dari 140/90 mmHG dinyatakan sebagai hipertensi; dan di antara nilai tsb disebut sebagai normal-tinggi. (batasan tersebut diperuntukkan bagi individu dewasa diatas 18 tahun).
Gejala Hipertensi
Mekanisme Terjadinya Hipertensi Gejala-gejala hipertensi antara lain pusing, muka merah, sakit kepala, keluar darah dari hidung secara tiba-tiba, tengkuk terasa pegal, dan lain-lain. Dampak yang dapat ditimbulkan oleh hipertensi adalah kerusakan ginjal, pendarahan pada selaput bening (retina mata), pecahnya pembuluh darah di otak, serta kelumpuhan.

Penyebab Hipertensi
Berdasarkan penyebabnya, Hipertensi dapat digolongkan menjadi 2 yaitu :
Hipertensi esensial atau primer
Penyebab pasti dari hipertensi esensial sampai saat ini masih belum dapat diketahui. Namun, berbagai faktor diduga turut berperan sebagai penyebab hipertensi primer, seperti bertambahnya umur, stres psikologis, dan hereditas (keturunan). Kurang lebih 90% penderita hipertensi tergolong Hipertensi primer sedangkan 10% nya tergolong hipertensi sekunder.

Hipertensi sekunder
Hipertensi sekunder adalah hipertensi yang penyebabnya dapat diketahui, antara lain kelainan pembuluh darah ginjal, gangguan kelenjar tiroid (hipertiroid), penyakit kelenjar adrenal (hiperaldosteronisme), dan lain lain. Karena golongan terbesar dari penderita hipertensi adalah hipertensia esensial, maka penyelidikan dan pengobatan lebih banyak ditujukan ke penderita hipertensi esensial.
Berdasarkan faktor akibat Hipertensi terjadi peningkatan tekanan darah di dalam arteri bisa terjadi melalui beberapa cara:
  • Jantung memompa lebih kuat sehingga mengalirkan lebih banyak cairan pada setiap detiknya
  • Terjadi penebalan dan kekakuan pada dinding arteri akibat usia lanjut. Arteri besar kehilangan kelenturannya dan menjadi kaku, sehingga mereka tidak dapat mengembang pada saat jantung memompa darah melalui arteri tersebut. Karena itu darah pada setiap denyut jantung dipaksa untuk melalui pembuluh yang sempit daripada biasanya dan menyebabkan naiknya tekanan.
  • Bertambahnya cairan dalam sirkulasi bisa menyebabkan meningkatnya tekanan darah. Hal ini terjadi jika terdapat kelainan fungsi ginjal sehingga tidak mampu membuang sejumlah garam dan air dari dalam tubuh. Volume darah dalam tubuh meningkat, sehingga tekanan darah juga meningkat.
Oleh sebab itu, jika aktivitas memompa jantung berkurang, arteri mengalami pelebaran, dan banyak cairan keluar dari sirkulasi. Maka tekanan darah akan menurun atau menjadi lebih kecil.
Berdasarkan faktor pemicu, Hipertensi dibedakan atas yang tidak dapat dikontrol seperti umur, jenis kelamin, dan keturunan. Pada 70-80% kasus Hipertensi primer, didapatkan riwayat hipertensi di dalam keluarga. Apabila riwayat hipertensi didapatkan pada kedua orang tua, maka dugaan Hipertensi primer lebih besar. Hipertensi juga banyak dijumpai pada penderita kembar monozigot (satu telur), apabila salah satunya menderita Hipertensi. Dugaan ini menyokong bahwa faktor genetik mempunyai peran didalam terjadinya Hipertensi.
Sedangkan yang dapat dikontrol seperti kegemukan/obesitas, stress, kurang olahraga, merokok, serta konsumsi alkohol dan garam. Faktor lingkungan ini juga berpengaruh terhadap timbulnya hipertensi esensial. Hubungan antara stress dengan Hipertensi, diduga melalui aktivasi saraf simpatis. Saraf simpatis adalah saraf yang bekerja pada saat kita beraktivitas, saraf parasimpatis adalah saraf yang bekerja pada saat kita tidak beraktivitas.
Peningkatan aktivitas saraf simpatis dapat meningkatkan tekanan darah secara intermitten (tidak menentu). Apabila stress berkepanjangan, dapat mengakibatkan tekanan darah menetap tinggi. Walaupun hal ini belum terbukti, akan tetapi angka kejadian di masyarakat perkotaan lebih tinggi dibandingkan dengan di pedesaan. Hal ini dapat dihubungkan dengan pengaruh stress yang dialami kelompok masyarakat yang tinggal di kota.
Berdasarkan penyelidikan, kegemukan merupakan ciri khas dari populasi Hipertensi dan dibuktikan bahwa faktor ini mempunyai kaitan yang erat dengan terjadinya Hipertensi dikemudian hari. Walaupun belum dapat dijelaskan hubungan antara obesitas dan hipertensi esensial, tetapi penyelidikan membuktikan bahwa daya pompa jantung dan sirkulasi volume darah penderita obesitas dengan hipertensi lebih tinggi dibandingan dengan penderita yang mempunyai berat badan normal.

Pencegahan Hipertensi
Hipertensi dapat dicegah dengan pengaturan pola makan yang baik dan aktivitas fisik yang cukup. Hindari kebiasaan lainnya seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol diduga berpengaruh dalam meningkatkan resiko Hipertensi walaupun mekanisme timbulnya belum diketahui pasti.

Pengobatan Hipertensi
Olah raga lebih banyak dihubungkan dengan pengobatan hipertensi, karena olah raga isotonik (spt bersepeda, jogging, aerobic) yang teratur dapat memperlancar peredaran darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Olah raga juga dapat digunakan untuk mengurangi/ mencegah obesitas dan mengurangi asupan garam ke dalam tubuh (tubuh yang berkeringat akan mengeluarkan garam lewat kulit).
Pengobatan hipertensi secara garis besar dibagi menjadi 2 jenis yaitu:
Pengobatan non obat (non farmakologis)
Pengobatan dengan obat-obatan (farmakologis)

Pengobatan non obat (non farmakologis)
Pengobatan non farmakologis kadang-kadang dapat mengontrol tekanan darah sehingga pengobatan farmakologis menjadi tidak diperlukan atau sekurang-kurangnya ditunda. Sedangkan pada keadaan dimana obat anti hipertensi diperlukan, pengobatan non farmakologis dapat dipakai sebagai pelengkap untuk mendapatkan efek pengobatan yang lebih baik.

Pengobatan non farmakologis diantaranya adalah :
  1. Diet rendah garam/kolesterol/lemak jenuh
  2. Mengurangi asupan garam ke dalam tubuh.
  3. Nasehat pengurangan garam, harus memperhatikan kebiasaan makan penderita. Pengurangan asupan garam secara drastis akan sulit dilaksanakan. Cara pengobatan ini hendaknya tidak dipakai sebagai pengobatan tunggal, tetapi lebih baik digunakan sebagai pelengkap pada pengobatan farmakologis.
  4. Ciptakan keadaan rileks
  5. Berbagai cara relaksasi seperti meditasi, yoga atau hipnosis dapat mengontrol sistem saraf yang akhirnya dapat menurunkan tekanan darah.
  6. Melakukan olah raga seperti senam aerobik atau jalan cepat selama 30-45 menit sebanyak 3-4 kali seminggu.
  7. Berhenti merokok dan mengurangi konsumsi alkohol
Pengobatan dengan obat-obatan (farmakologis)
Obat-obatan antihipertensi. Terdapat banyak jenis obat antihipertensi yang beredar saat ini. Untuk pemilihan obat yang tepat diharapkan menghubungi dokter.
  • Diuretik
Obat-obatan jenis diuretik bekerja dengan cara mengeluarkan cairan tubuh (lewat kencing) sehingga volume cairan ditubuh berkurang yang mengakibatkan daya pompa jantung menjadi lebih ringan.
Contoh obatannya adalah Hidroklorotiazid.
  • Penghambat Simpatetik
Golongan obat ini bekerja dengan menghambat aktivitas saraf simpatis (saraf yang bekerja pada saat kita beraktivitas ).
Contoh obatnya adalah : Metildopa, Klonidin dan Reserpin.
  • Betabloker
Mekanisme kerja anti-hipertensi obat ini adalah melalui penurunan daya pompa jantung. Jenis betabloker tidak dianjurkan pada penderita yang telah diketahui mengidap gangguan pernapasan seperti asma bronkial.
Contoh obatnya adalah : Metoprolol, Propranolol dan Atenolol. Pada penderita diabetes melitus harus hati-hati, karena dapat menutupi gejala hipoglikemia (kondisi dimana kadar gula dalam darah turun menjadi sangat rendah yang bisa berakibat bahaya bagi penderitanya). Pada orang tua terdapat gejala bronkospasme (penyempitan saluran pernapasan) sehingga pemberian obat harus hati-hati.
  • Vasodilator
Obat golongan ini bekerja langsung pada pembuluh darah dengan relaksasi otot polos (otot pembuluh darah). Yang termasuk dalam golongan ini adalah : Prasosin, Hidralasin. Efek samping yang kemungkinan akan terjadi dari pemberian obat ini adalah : sakit kepala dan pusing.
  • Penghambat ensim konversi Angiotensin
Cara kerja obat golongan ini adalah menghambat pembentukan zat Angiotensin II (zat yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah).
Contoh obat yang termasuk golongan ini adalah Kaptopril. Efek samping yang mungkin timbul adalah : batuk kering, pusing, sakit kepala dan lemas.
  • Antagonis kalsium
Golongan obat ini menurunkan daya pompa jantung dengan cara menghambat kontraksi jantung (kontraktilitas). Yang termasuk golongan obat ini adalah : Nifedipin, Diltiasem dan Verapamil. Efek samping yang mungkin timbul adalah : sembelit, pusing, sakit kepala dan muntah.
  • Penghambat Reseptor Angiotensin II
Cara kerja obat ini adalah dengan menghalangi penempelan zat Angiotensin II pada reseptornya yang mengakibatkan ringannya daya pompa jantung. Obat-obatan yang termasuk dalam golongan ini adalah Valsartan (Diovan). Efek samping yang mungkin timbul adalah : sakit kepala, pusing, lemas dan mual.
Dengan pengobatan dan kontrol yang teratur, serta menghindari faktor resiko terjadinya hipertensi, maka angka kematian akibat penyakit ini bisa ditekan.

Demikianlah informasi tentang Tips Untuk Mengatasi Hipertensi atau Darah Tinggi pada artikik kali ini, terima kasih semoga bermanfaat